Liga Europa: Lyon Jadi Tim Pertama Kunci Tiket 16 Besar

Penyerang Olympique Lyon Islam Slimani (kiri) melewati kiper Sparta Praha Florin Nita untuk mencetak gol dalam laga penyisihan Grup A Liga Europa di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Kamis (4/11/2021) waktu setempat. ANTARA/REUTERS/Denis Balibouse.

BERITA.NEWS, Jakarta – Olympique Lyon menjadi tim pertama yang mengunci tiket babak 16 besar Liga Europa setelah melanjutkan tren sapu bersih kemenangan mereka saat menjamu Sparta Praha di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Kamis waktu setempat (Jumat WIB, 5/11/2021).

Lyon sukses melumat Sparta 3-0 untuk memastikan posisi mereka sebagai juara Grup A dengan raihan sementara 12 poin penuh, demikian catatan laman resmi UEFA.

Islam Slimani memecahkan kebuntuan pada menit ke-61. Dia menjebol gawang Sparta setelah menerima umpan terobosan dari Rayan Cherki dan memperdaya kiper Florin Nita.

Dua menit berselang Slimani berhasil mencetak gol keduanya untuk menggandakan keunggulan tuan rumah. Kali ini, penyerang asal Aljazair itu menggunakan kepalanya untuk menanduk umpan silang Maxence Caqueret.

Kemenangan Lyon dilengkapi oleh Karl Toko Ekambi menjadi 3-0 pada menit kedua injury time dengan sundulan jarak dekat, menyelesaikan umpan silang kiriman Bradley Barcola.

Baca Juga :  Liga Italia: Tekuk Genoa 2-0, Juventus Torehkan Kemenangan Penting

Sebagai informasi, Liga Europa musim ini menggunakan format babak gugur yang berbeda. Hanya juara grup saja yang pasti lolos ke babak 16 besar, sedangkan runner-up harus menjalani pertandingan praeliminasi melawan tim peringkat ketiga grup Liga Champions.

Kendati kalah dari Lyon, Sparta masih tetap menduduki posisi kedua klasemen Grup A dengan koleksi empat poin sebab dalam laga lain yang berlangsung bersamaan Brondby mampu menahan imbang Rangers 1-1 di Denmark.

Brondby yang hingga kini belum menang, sempat memimpin lebih dulu di pengujung babak pertama setelah memaksa Leon Balogun mencetak gol bunuh diri.

Rangers baru bisa membalas pada menit ke-77 melalui sepakan kaki kanan Ianis Hagi, menyelesaikan umpan terobosan Ryan Kent. Namun, tim besutan Steven Gerrard itu gagal membalikkan keadaan setelah tiga peluang yang mereka dapat di pengujung laga tak satu pun menemui sasaran.

Baca Juga :  Liga Inggris: West Ham Runtuhkan Chelsea 3-2

Rangers tertahan di posisi ketiga karena kalah head-to-head dari Sparta meski sama-sama mengoleksi empat poin, sedangkan Brondby jadi juru kunci Grup A dengan dua poin.

Rangkaian pertandingan kelima Grup A dijadwalkan berlangsung pada 25 November nanti saat Lyon bertandang ke markas Brondby dan Rangers menjamu Sparta di Ibrox.

  • ANTARA