Bimtek Antikorupsi KPK, Plt Gubernur Sulsel: Lihat, Lawan dan Laporkan

BERITA.NEWS, Makassar – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, hadiri pembukaan Bimbingan Teknis Antikorupsi, yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia, di Hotel Four Point by Sheraton, Makassar.

Bimbingan teknis antikorupsi merupakan inisiasi Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat. Diikuti 40 orang dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan ini, mengangkat tema Mewujudkan Tata Kelola Pemerintah Daerah Yang berintegritas Dengan Pelibatan Peran Serta Masyarakat.

Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat KPK RI, Kumbul Kusdwidjanto Sudjadi, mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan, pemahaman, dan kapabilitas kepada masyarakat tentang dampak korupsi. Mengingat, penanganan korupsi harus dengan pelibatan masyarakat.

Baca Juga :  Genjot Capaian, Satpas Polres Bone Buka Gerai Vaksinasi Presisi

“Para peserta juga diajarkan bagaimana penanganan, kerawanan, investigasi, dan berani melaporkan ke KPK didukung dengan kekuatan data dan bukti,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel mengapresiasi kegiatan yang digelar KPK tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan ini, masyarakat akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana dan upaya apa yang harus dilakukan masyarakat untuk turut bertindak dalam penanganan korupsi.

“Tentu ini bagus sekali karena sebagai wujud amanah undang-undang. Ada tugas dan fungsi dari KPK untuk pelibatan peran serta masyarakat. Ini dilatih bagaimana mengimplementasikan Lihat, Lawan, dan Laporkan,” katanya.

Baca Juga :  Dugaan Fee Dana PEN di Bone, Koar Nusantara akan Bawa ke Ranah Hukum

Kedepan, ia berharap ada kolaborasi dengan masyarakat untuk mengawal pemerintahan secara umum. Partisipasi masyarakat dalam kegiatan ini juga akan memudahkan pemerintah dalam menjalankan sistem dan tatanan pemerintahan yang transparan, lebih bersih dan bebas korupsi.

 

Andi Khaerul