Menkes RI Tegaskan Prokes Covid-19 Antisipasi Lonjakan Gelombang Ketiga

Kunjungan Menkes RI Budi Sadikin Gunadi di Makassar (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Budi Sadikin Gunadi mewanti-wanti masyarakat agar tetap patuhi Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19, antisipasi kasus gelombang ketiga akhir tahun.

Budi mengatakan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid menjadi langkah paling efektif untuk mencegah penyebaran kasus. Apalagi pasca liburan Natal dan tahun baru, berpotensi terjadi lonjakan.

“Lonjakan kembali itu kita harus hati-hati. Karena pak presiden kan juga bilang kita harus waspada. Negara yang vaksinasinya tinggi kayak Singapur, Inggris tetap juga naik,” ucapnya dalam kunjungannya di Kota Makassar.

Baca Juga :  Basarnas: Dua Orang Terseret Arus di Kolaka Utara Ditemukan Meninggal

Perkembangan kasus positif Covid-19, kata Budi perlahan sudah alami penurunan. Olehnya itu, memakai masker harusnya menjadi budaya baru ditengah masyarakat.

“Kita sekarang alhamdulillah sudah turun drastis. Tapi jangan sampai naik lagi, caranya kembali lagi. Kita pakai masker, ngumpulnya jangan padat-padat, kemudian kalau ada yang kena dites aja cepat,” ujarnya.

“Sebenarnya penyakit ini kalau kita bagus surveilans sama prokesnya harusnya sih insya allah kita bisa lewat. Ujiannya nanti pada Januari Februari. Kalau bisa jangan sampai berlebihan mengabaikan prokes,” pungkasnya.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Daerah Terbaik Economic Recovery di Indonesia Award 2021

Khusus, Sulawesi Selatan perkembangan kasus positif Covid-19 per 2 November 2021 bertambah 41 orang atau 0,22 persen, sembuh 55 orang atau 97,74 persen, meninggal 1 orang, testing 6.747 atau positivity rate 0,46 persen.

Andi Khaerul