Cegah Penyebaran Covid-19, Warga yang Liburan Harus Jaga Prokes

Ilustrasi Virus Corona (IST)

BERITA.NEWS, Torut -Yohanis Bassang menyatakan tempat wisata di daerah itu telah mulai dibuka. Saat ini, kata dia, Torut telah sudah masul level dua sehingga dinilai sudah bisa memulai aktivitas pariwisata.

“Syaratnya, pengelola wisata harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” kata Yohanis, Jumat (22/10/2021).

Selain itu, kata Yohanis, pihaknya juga tengah menggencot percepatan vaksinasi di daerah itu. Saat ini, jumlah masyarakat yang telah divaksin mencapai 50 persen.

Menurut Yohanis, salah satuupaya membangkitkan kembali pariwisata di daerah itu yakni melakukan pelatihan digitalisasi pemasaran desa. Pelatihan ini melibatkan media dan pelaku media sosial.

Baca Juga :  Kapolres Sinjai Sasar Warga Tellulimpoe Beri Bantuan dan Ajak Sukseskan Vaksinasi

Dia mengapresiasi Dinas Pariwisata yang terus mempromosikan wisata Toraja dengan melibatkan berbagai pihak. Salah satu desa yang dipromosikan yakni wisata Buntu Pempon yang memiliki beberapa objek wisata berupa rumah adat Toraja yang juga
memiliki rante (lokasi acara adat rambu solo) yang dibuat semi permanen. Tempat ini bisa dijadikan salah satu objek wisata dan akan dikelola sedemikian rupa supaya bisa menarik pariwisata.

“Termasuk akses jalan ke depan akan diupayakan untuk diperbaiki,” ujar Yohanis.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Daerah Terbaik Economic Recovery di Indonesia Award 2021

Kepala dinas pariwisata, Yorry R. Lasewengan mengatakan pihaknya mendorong pelaku wisata terutama usaha kecil menengah untuk pro aktif melakukan promosi. Hal itu bertujuan untuk mengembalikan kunjungan yang selama dua tahun ini menurun drastis.

“Pemerintah sangat serius memperbaiki akses dan menyiapkan kelengkapan protokol kesehatan untuk kenyamanan wisatawan,” ujar Yorry.