Cegah Penyebaran Covid-19, Ayo Pergi Vaksin di Klinik Ini

    Program Vaksinasi untuk warga. (IST/BERITA.NEWS)

    BERITA.NEWS, Makassar – Beberapa lembaga di Kota Makassar, Sulawesi-selatan (Sulsel) ikut andil menghentikan penyebaran Covid-19. Langkah ini untuk mencegah penyebaran Covid-19 di kalangan masyarakat.

    Meskipun Kota Makassar, Sulsel saat ini turun level 2 soal PPKM, mereka tetap semangat dan berjuang ekstra keras menuju Makassar yang bersih akan virus corona.

    Ditoapang oleh Pemerintah Kota Makassar, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Yayasan Advokasi Kesehatan Anak Indonesia (YAKAI), dan Pondok Vaksin bersama Klinik Pediatria Husada akan menggelar vaksinasi gratis covid-19.

    Founder Klinik Pediatrica Husada, dr Bob Wahyudin mengatakan, kegiatan ini dalam rangka gerakan vaksinasi nasional. Rencana kegiatanya berlangsung di Klinik Pediatrica Husada pada Minggi 24 Oktober 2021 mendatang.

    Bob Wahyuddin menegaskan, pihaknya terus terlibat dalam membantu pemerintah dalam hal mencegah covid-19. Karena ini merupakan langkah yang harus dilakukan.
    “Kegiatan ini dalam rangka mendukung program pemerintah membangun tingkat kekebalan tubuh masyarakat dengan vaksinasi, mencegah penyebaran virus covid19. Gratis. Vaksin Moderna,” kata dr Bob Wahyudin, Jumat 22 Oktober 2021.

    Dia mengatakan, pihaknya melayani vaksin untuk non nakes (pelajar dan masyarakat umum) dan nakes atau tenaga kesehatan. Khusus untuk tenaga kesehatan atau nakes, pihaknya hanya melayani untuk vaksin ketiga.

    “Kegiatan ini bagian dari ikhtiar kami, Pediatrica Husada dalam membangun tingkat kekebalan tubuh masyarakat. Kegiatan ini menyasar masyarakat berusia diatas 12 tahun,” katanya.

    Dirinya berharap, program vaksinasi gratis ini menjadi kabar baik untuk masyarakat di tengah pandemi covid19. Masyarakat tak perlu khawatir tentang vaksinasi covid19 karena pemerintah telah menjamin vaksin yang kini diberikan kepada masyarakat aman dan juga dapat memberikan banyak manfaat.

    “Tidak 100 persen membuat kita kebal dari covid19, akan tetap vaksin covid19 akan mengurangi dampak yang ditimbulkan jika tertular. Vaksinasi adalah proses di dalam tubuh, di mana seseorang menjadi kebal atau terlindungi dari suatu penyakit,” jelasnya.

    Salah seorang warga telah vaksin, Amin Nur Yakin mengatakan, dirinya ikut vaksinasi karena sadar akan manfaat yang diperoleh. Selain membentuk tingkat kekebalan tubuh dirinya, vaksin covid19 juga akan membentuk tingkat kekebalan kelompok.

    Dia mengatakan, Vaksinasi covid19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat Covid-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh.

    “Bila sudah vaksin, tetap harus menjalankan protokol kesehatan (prokes), yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak untuk mencegah penularan virus corona,” ungkapnya.

    Dia menambahkan, vaksinasi diadakan bukan hanya bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah, tetapi juga dalam jangka panjang mengeliminasi atau bahkan memusnahkan penyakit itu sendiri.