Pemprov Targetkan Kafilah STQ Sulsel di Tingkat Nasional Masuk 5 Besar Juara

Plt Kepala Biro Kesra Pemprov Sulsel Muh Hasim (BERITA.NEWS)

BERITA.NEWS, Makassar – Pemerintah Provinsi (Pemprov) targetkan tim kafilah Sulsel yang mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional ke XXVI di Maluku bisa masuk 5 besar juara. Jumat (15/10/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Muhammad Hasim mengatakan pihaknya menargetkan peserta STQ Sulsel tingkat Nasional bisa masuk peraih Juara 5 besar dari seluruh cabang yang lombakan.

“Kemarin bisa masuk 5 besar, karena Pelatih nya sampaikan ada potensi bisa masuk,” ucapnya kepada BERITA.NEWS di Kantor Gubernur Sulsel.

Hasim mengatakan kafilah peserta STQ Sulsel akan berada di Maluku selama beberapa hari kedepan. Mengikuti berbagai kategori perlombaan, mulai dari bacaan tilawah, menghafalkan Al-Qur’an, Tafsir, Hadits, Musabaqoh.

Baca Juga :  Genjot Capaian, Satpas Polres Bone Buka Gerai Vaksinasi Presisi

“Kemarin berangkat, sudah tiba disana. Mulai tanggal 16 – 22 Oktober. Kami kembali 23. Dengan official 35 orang. Ada 5 Pelatih 10 official. Pemprov semua yang siapkan” ujarnya.

Sebelumya, Plt Gubernur Andi Sudirman memberikan motivasi dan semangat kepada 20 kafilah Sulsel yang akan berlaga pada STQ Tingkat Nasional 2021. Turut dihadiri oleh pelatih dan official. Ia mengingatkan para kafilah untuk menjaga integritas.

“Kita harus cerdas dalam mempelajari agama, bagaimana kembali ke kihtahnya. Kami ingin ada peran adik-adik mencari bagaimana kemurnian Islam dengan mencari fatwa-fatwa ulama dunia. Sehingga bisa menjalani keilmuan yang spesifik,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemprov Apresiasi Bea Cukai Cegah Barang Ilegal Tanpa Label Masuk Sulsel

Adapun cabang lomba STQ Nasional 2021 di Maluku Utara, diantaranya Cabang Seni Baca Al-Qur’an yaitu Golongan Anak-anak, golongan dewasa. Hafalan Al-Qur’an, yaitu golongan 1 Juz dan tilawah, golongan 5 Juz dan Tilawah, golongan 10 Juz, golongan 20 Juz, golongan 30 Juz.

Cabang Tafsir Al-Qur’an, golongan Tafsir Bahasa Arab. Dan Cabang Musabaqah Al-Hadits yaitu golongan Hafalan 100 Hadits dengan Sanad dan Golongan Hafalan 500 Hadits tanpa Sanad.

 

Andi Khaerul