5.500 PKL dan Warung Terdampak Pandemi di Demak Terima Bantuan Tunai

Penyaluran bantuan tunai kepada pedagang kaki lima dan pemilik warung di Aula Makodim 0716/Demak.

BERITA.NEWS, Demak – Kodim 0716/Demak mulai menyalurkan bantuan tunai dari Pemerintah kepada pedagang kaki lima (PKL) dan pemilik warung yang ada di wilayah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Rabu (13/10/2021).

Ada 5.500 penerima bantuan, dimana penyalurannya akan dilakukan secara bertahap dalam beberapa hari.

Bantuan dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional kali ini diperuntukan bagi PKL dan warung yang terdampak pandemi Covid-19. Penyaluran bantuan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Penyaluran bantuan tunai masing-masing sebesar Rp 1,2 juta tersebut diberikan dengan terlebih dahulu dilakukan pendataan oleh Babinsa di masing-masing desa atau kelurahan.

Bantuan yang disalurkan oleh Kodim 0716/Demak diberikan kepada 5.500 penerima.

Komandan Kodim 0716/Demak melalui Pasiter Kodim 0716/Demak Lettu Chb Ajit Anggono mengatakan bahwa setelah didata dan terdaftar, para calon penerima bantuan akan mendapatkan undangan untuk mengambil bantuan secara tunai di Aula Makodim 0716/Demak.

Baca Juga :  Andalan Sulsel Peduli Bersama Siswa dan Guru di Pinrang Bantu Korban Puting Beliung

Para calon penerima datang dengan membawa persyaratan seperti KTP dan surat undangan pengambilan.

Menurut Lettu Chb Ajit Anggono, pihaknya melakukan beberapa kali tahapan verifikasi, untuk memastikan apakah dari mereka sebelumnya ada yang sudah mendapat bantuan BPUM dari pemerintah atau tidak.

“Jadi kita laksanakan verifikasi ini dengan ketat. Baru setelah dinyatakan berhak, kita berikan kepada mereka,” katanya.

Lettu Ajit Anggono menjelaskan, sejumlah langkah verifikasi perlu dilakukan agar penyaluran bantuan dari pemerintah pusat tepat sasaran.

Dia berharap bantuan pemerintah yang disalurkannya bisa membantu pemulihan ekonomi bagi pedagang kaki lima dan warung yang terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, PTM Harus Terapkan Prokes Ketat

“Kita akan bagi bantuan ini dalam beberapa hari, mengingat jumlahnya cukup banyak. Dan kepada yang sudah menerima, seberapapun besarnya bantuan yang diterima, harus tetap disyukuri supaya bisa membawa keberkahan. Semoga bantuan ini bermanfaat,” sambungnya.

Yashinta Nadasyifa (20), salah satu penerima bantuan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0716/Demak yang sudah menyalurkan bantuan dari pemerintah kepada para pedagang kaki lima dan pemilik warung.

Dirinya yang setiap hari berjualan sosis di kawasan jalan Desa Cabean, Demak, mengaku bersyukur atas bantuan yang diberikan.

“Terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah dan Kodim 0716/Demak atas bantuannya. Semoga ini membawa keberkahan untuk kami,” ujar Yashinta.

  • Yon