Banjir Walmas, MUI Luwu Minta Masyarakat Perbanyak Istighfar

BERITA.NEWS, Luwu – Banjir bandang dan tanah longsor di Walmas, Kabupaten Luwu, pada Minggu (3/102/2021), membuat rasa keprihatinan yang mendalam dari seluruh warga Sulawesi Selatan.

Hal itu terlihat dari ramainya doa dan tulisan Pray Walmas di beberapa media sosial sebagai bentuk keprihatinan warga nitizen atas musibah banjir yang kembali terjadi di Walmas, Luwu.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Luwu, Drs H Nasaruddin Bin A, mengingatkan terkait persoalan musibah yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat ada beberapa penyebabnya.

Nasaruddin mengatakan, dalam surah At-Taghabun ayat 11 sudah ditegaskan, “Tiada suatu musibah itu menimpa seseorang semua atas izin Allah, barang siapa yang beriman kepada Allah SWT, niscaya Allah akan senantiasa memberi petunjuk kepada hatinya, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu (QS. At-Taghabun ayat 11).”

Ketua MUI menambahkan dalam ayat lain Allah SWT berfirman bahwa “Musibah apapun yang menimpa kamu adalah karena tangan mu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan kesalahanmu) (QS. Asy-Syura ayat 30).”

Olehnya itu, MUI mengajak masyarakat Luwu untuk memperbanyak istighfar dan berdoa memohon ampunan kepada Allah SWT agar senantiasa masih diberikan keselamatan dan perlindungan dari segala musibah yang terjadi.

“Serta bermuhasabah memperbaiki jati kita sebagai manusia dengan apa yang telah kita kerjakan selama di dunia,” kata Nasaruddin.

Banjir bandang dan tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Luwu kemarin. Sejumlah rumah warga rusak.

  • Muh Asri

Comment