Harhubnas 2021, Sekprov Sulsel Tegaskan SOP Pelaku Transportasi Laut

Sekprov Sulsel Abdul Hayat di Harhubnas 2021 (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar– Sekertaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani tegaskan pentingnya kesadaran Internal Masyarakat Pengguna Transportasi Laut pada saat peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021.

Hayat mengatakan momentum Harhubnas tahun ini bisa menjadi ajang menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat penguna transportasi laut terutama pemilik kapal-kapal supaya lebih tertib administrasi dan standar keselamatan penumpang.

“Sesungguhnya kita harapkan adalah internalisasi tingkat penyadaran yang kuat kepada masyarakat bahwa yang namanya kapal itu harus dilengkapi dokumen, harus dilengkapi alat kelengkapan-kelengkapan keselamatan penumpang, karena yang kita lakukan ini adalah jiwa manusia,” ucapnya di Pelabuhan Paotere Makassar, Rabu (15/9/2021).

Menurutnya, momentum ini cukup bagus sebab, dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan kepada pemilik kapal yang patuh terhadap aturan Sabandar Makassar. Bahkan bentuk penghargaan itu diberikan dalam bentuk sertifikat.

Baca Juga :  Tiba di Bandara Internasional Sentani Jayapura, Abdul Hayat Disambut KKDB

“Kita tidak melewati begitu saja. Kita ingin adalah satu model-model implementasi kepada masyarakat agar melakukan edukasi sosialisasi tentang model ini, bagaimana melakukan sosialisasi suatu kegiatan dengan berdasarkan SOP (Standar Operasional),” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, H. Ahmad Wahid mengaku, dalam kegiatan tersebut ada beberapa perusahaan pelayaran yang mendapatkan predikat terbaik dalam tingkat kepatuhan versi Syahbandar Utama Makassar.

“Ada beberapa perusahaan pelayaran yang terbaik dan hari ini kita berikan hadiah. Ini juga untuk mengedukasi kepada pelabuhan untuk menjadi pelabuhan yang terbaik,” ungkapnya.

Baca Juga :  Terapkan Prokes Covid-19, HUT Sulsel ke 352 Digelar Sederhana di Rapat Paripurna

Selanjutnya Wali Kota Makassar Ramdhan Moh Ramdhan Pomanto menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Syahbandar Utama Makassar karena sudah banyak membantu masyarakat Kota Makassar yang ada di 12 pulau.

“Terima kasih atas pelayanan untuk 10.000 masyarakat di pulau di Kota Makassar. Terima kasih atas bantuannya yang luar biasa terima kasih atas kegiatan sampai hari ini,” tutupnya.