CPNS Pemprov Sulsel, Terapkan Prokes Ketat Hingga Siapkan Aplikasi Deteksi Wajah

Tes CPNS Pemprov Sulsel di CCC (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar– Pemerintah Provinsi (Pemprov) menyiapkan aturan ketat pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 dilaksanakan di Celebes Convention Center (CCC) Makassar. Rabu (15/9/2021).

Sebagai panitia penyelenggara, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel siapkan berbagai fasilitas dan layanan kepada para peserta CPNS 2021 sesuai aturan BKN dan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di masa pandemi Covid-19.

Kepala BKD Pemprov Sulsel Imran Jausi mengatakan pihaknya menyiapkan semua hal untuk mendukung penerapan Protokol Kesehatan Covid ketat, hingga pengecekan wajah kepada para peserta antisipasi joki.

“Setelah peserta datang diterima di tenda ya, tempat transit kemudian kita minta mereka cuci tangan ada enam keran, setelah itu mereka registrasi awal, memastikan mereka ikut pada sesi yang tepat,” ucapnya.

Baca Juga :  Jelang ke Maluku Utara, Plt Gubernur Semangati Kafilah Sulsel STQ Nasional

Lebih lanjut, Imran mengatakan setelah itu masuk pemeriksaan Dokumen kesehatan, hasil Swab dan Antigen itu dilakukan oleh tim Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi. Cek validitas berkas.

“Setelah itu mereka masuk kita siapkan ruang penampungan barang, mereka masuk loker kita siapkan kantongan setelah itu absensi dari proses absensi ke pengenalan wajah ada 20 komputer menggunakan aplikasi face recognition, jadi kalau misalnya ada joki pasti akan ketahuan disitu jangan sampai wajah tidak sesuai,” jelasnya.

“Meksi pun dari beberapa kasus tadi tidak sampai 10 persen ada mix match ada yang wajahnya tidak Persis sama seperti itu kita bawa ke deks teman-teman BKN untuk pemeriksaan manual, ada pengecekan manual baru lanjut, habis itu masuk ke ruang steril. Mereka menunggu disitu, begitu keluar sebentar, masuk lagi dicek metal detector, mereka boleh menempati komputer apa saja,” tambah Imran.

Baca Juga :  Pencairan Bonus Atlet Sulsel di PON XX Papua Dianggarkan di APBD 2022

Diketahui, pelaksanaan CPNS Pemprov Sulsel berlangsung sejak tanggal 14 hingga 18 September 2021. Akan diikuti 7,238 orang yang tercatat sebagai peserta di BKD.

Andi Khaerul