Kasus Pertama di Dunia, Rusa Terinfeksi COVID-19

Sekelompok rusa terlihat di perumahan Harold Hill di tengah wabah COVID-19 di Romford, Inggris, 3 April 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Peter Cziborra/pras.

BERITA.NEWS, Chicago – Pemerintah Amerika Serikat pada Jumat (27/8) mengonfirmasi kasus COVID-19 pertama di dunia pada rusa, dengan demikian memperpanjang daftar nama hewan yang diketahui terbukti positif penyakit tersebut.

Departemen Pertanian AS (USDA) melaporkan infeksi SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19, pada rusa berekor putih liar di Negara Bagian Ohio, menurut sebuah pernyataan. Tidak ada laporan bahwa rusa menunjukkan gejala infeksi, kata USDA.

“Kami belum tahu bagaimana rusa dapat terpapar SARS-CoV-2,” tulis juru bicara USDA, Lyndsay Cole, melalui surat elektronik kepada Reuters.

“Bisa jadi mereka terpapar melalui manusia, lingkungan, rusa yang lain atau spesies hewan lainnya,” kata Cole.

Baca Juga :  TMMD Sengkuyung III Ditutup, Pesan Dandim Demak: Jaga Diri dan Keluarga dari Covid-19

USDA sebelumnya melaporkan COVID-19 pada sejumlah hewan seperti anjing, kucing, macan, singa, macan tutul, berang-berang, gorila dan cerpelai.

Di seluruh dunia, sebagian besar infeksi hewan dilaporkan pada spesies yang memiliki kontak erat dengan manusia penderita COVID-19, menurut USDA.

Pada Juli, USDA melaporkan bahwa populasi rusa berekor putih di Illinois, Michigan, New York, dan Pennsylvania terpapar SARS-CoV-2, berdasarkan sebuah studi yang menganalisis sampel serum dari rusa yang berkeliaran bebas untuk antibodi COVID-19.

Sekolah Kedokteran Hewan Universitas Negeri Ohio mengumpulkan sampel dari rusa yang terinfeksi di Ohio pada Januari hingga Maret sebagai bagian dari sejumlah studi yang sedang berlangsung, kata USDA.

Baca Juga :  5.500 PKL dan Warung Terdampak Pandemi di Demak Terima Bantuan Tunai

Dalam pernyataan, tertulis bahwa sampel-sampel itu diduga positif COVID-19 dalam pengujian universitas dan kasus tersebut dikonfirmasi oleh Layanan Laboratorium Hewan Nasional USDA.

  • Reuters/ANTARA