Intip Aktivitas Pasien OTG di KM Umsini

Makassar – Kapal Motor (KM) Umsini rutin menggelar kegiatan olahraga bagi penumpangnya. Mulai dari kru kapal, petugas medis, hingga anggota kepolisian dan TNI serta tentunya para pasien covid-19 peserta isolasi terpusat (Isoter)

“Pagi ada acara joging dan senam,” kata Ahmad Sadikin, Kepala Cabang PT Pelni Makassar, Sabtu (28/8/2021)

Sejak 2 Agustus 2021, KM Umsini telah menampung 186 pasien covid-19 berkategori tanpa gejala dan ringan. “Rencananya ada 5 pasien yang akan keluar setelah hasil swabnya negatif. Dari target mereka dinyatakan sembuh selama 5-10 hari, rata-rata pasien pulang lebih cepat yaitu hanya 6-7 hari,” tambahnya.

Sejak diluncurkan beberapa pekan lalu, program isolasi apung di Kapal Motor (KM) Umsini terbukti mampu menurunkan angka kasus positif corona di Kota Makassar.

Wali Kota Makassar, Muhammad Ramadhan Pomanto mengatakan, program ini terbilang berhasil karena mampu menurunkan kasus positif di Makassar. Ini adalah langkah yang cukup bagus di Kota Makassar.

Selain itu, Danny Pomanto sapaan akrab Wali Kota Makassar menuturkan, penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 juga ikut berkontribusi dalam menurunkan angka positif.

“Ini jelas sekali bahwa isolasi apung di Kapal Motor Umsini dan PPKM level 4 mampu turunkan berhasil menurunkan angka covid. Termasuk kematian, walaupun tidak boleh kita lengah,” ujar Danny Pomanto.

Danny Pomanto menambahkan, berdasarkan hasil epidemiolog, kata dia, untuk pertama kalinya jumlah spesimen lebih banyak daripada positivity rate.

“Ternyata aktivitasnya kita sekarang sudah melampaui positivity rate-nya. Lebih banyak yang diperiksa. Ini menarik sekali,” jelasnya.

Padahal kata dia, sebelumnya positivity rate labih tinggi. Karena kini warga Makassar antusias untuk memeriksakan diri.

“Orang datang memeriksa, inisiatif. Bukan yang kita dapat. Baru setelah swab on the road turun, baru kita dapat yang positif,” tuturnya.

Ia berharap masyarakat tidak lengah atas penurunan kasus di Makassar. Karena menurutnya, itu bisa berubah kapan saja.

Sebagai informasi, tiap-tiap bed antar pasien isolasi mandiri telah diberikan sekat (recovery capsule) dan terbagi atas empat deck dengan pemisahan berdasarkan jenis kelamin. Sementara, untuk tenaga medis telah dipersiapkan sebanyak 64 tempat tidur dengan lokasi yang terpisah dari deck pasien isolasi mandiri. Jumlah tersebut sesuai dengan kebijakan 50% dari kapasitas kapal sehingga protokol kesehatan di atas kapal tetap terlaksana.

Beberapa fasilitas penunjang di kapal juga telah dipersiapkan guna mendukung pelaksanaan isolasi mandiri, seperti penyediaan kamera pengawas (CCTV) pada 31 titik di atas KM Umsini, poliklinik, jogging track. “Top deck” sebagai ruang terbuka di atas kapal juga dapat dimanfaatkan oleh pasien isolasi mandiri sebagai lokasi untuk berolahraga maupun berjemur.

KM Umsini adalah satu dari 26 kapal penumpang yang dioperasikan oleh PT PELNI dan menyinggahi Makassar dalam rute pelayarannya.

Kapal berkapasitas 2000 pax ini memiliki rute reguler Kijang – Tanjuk Priok – Surabaya – Makassar – Maumere – Larantuka – Lewoleba – Kupang (PP). Selama masa PPKM Darurat berlangsung, KM Umsini merupakan salah satu kapal yang melakukan portstay akibat dari penutupan sejumlah wilayah.

PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada bidang transportasi laut hingga saat ini telah mengoperasikan sebanyak 26 kapal penumpang dan menyinggahi 76 pelabuhan serta melayani 1.058 ruas.

Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 45 trayek kapal perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di daerah 3TP di mana kapal perintis menyinggahi 285 pelabuhan dengan 3.811 ruas.

PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 kapal Rede. Sedangkan pada pelayanan bisnis logistik, kini Pelni mengoperasikan 9 trayek tol laut serta 1 trayek khusus untuk angkutan ternak.

Al Ullah Azhar

Comment