Bappelitbangda Luwu Gelar Rakor Terkait PPAS

BERITA.NEWS, Luwu – Badan Perencanaan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kabupaten Luwu mengadakan rapat koordinasi (rakor) terkait Kelompok Kerja Perumahan, Permukiman, Air Minum dan Sanitasi (PPAS) di ruang rapat Bappelitbanda Luwu, Senin (2/8/2021).

Hal ini dalam rangka mewujudkan dan mendukung penyeleggaraan Perumahan, Kawasan, Air Minum dan Sanitas yang layak bagi masyarakat serta penguatan koordinasi antar sektor.

Kepala Bapedda Ahmad Awwabin mengatakan, terkait Rencana Aksi Daerah (RAD) ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, makanya AMPL ini sangat penting untuk dibentuk karena menyangkut kehidupan masyarakat di perkotaan maupun di pedesaan.

“Kegiatan ini sangat dibutuhkn oleh masyarakat karena tujuan dasarnya itu merupakan sanitasi dan air minum, Rencana Aksi Daerah (RAD) ini sangat menunjang untuk memasukkan anggaran terutama dari pusat,” ucap Awwabin.

Baca Juga :  Bupati Luwu Resmikan Rumah Mengaji TPA Nurul Ikhlas

Ia menambahkan, rapat RAD ini sudah dilakukan tahun lalu hanya data-data yang diperoleh belum valid sehingga belum selesai tepat waktu. Seharusnya dilakukan 2019-2024 tetapi tim secepat mungkin akan dibentuk karena sudah terpaut satu tahun.

“Kita sudah menyusun data-datanya, cuman data yang kami sudah susun belum valid jadi kami belum eksekusi. Makanya kami perlu untuk lakukan perbaikan data-data terlebih dahulu,” tutupnya.

Sedangkan, Hasim S.T perwakilan Pangsimas mengatakan, kegiatan ini sudah terlaksana sebelumnya yaitu pada 2014-2019 hanya saja sudah kadaluarsa. Jadi, pihaknya ingin menyusun ulang atau mereview kembali mulai 2020-2024.

Baca Juga :  Buka Bimtek SIPD, Bupati Luwu: Mewujudkan Pemerintahan Bersih, Efektif, dan Akuntabel

“Tujuan dari AMPL ini untuk mengetahui yang mana air minum yang bisa diakses serta aman untuk dikonsumsi,” tuturnya.

Ia menambahkan, di akhir penyusunan nanti sudah bisa diketahui dana yang dibutuhkan untuk air minum dan penataan lingkungan itu seberapa banyak dengan perogram-program yang tersusun di dalamnya.

  • Muh Asri