Wali Kota Apresiasi OJK Gelar Vaksinasi Massal Sektor Jasa Keuangan

Suasana vaksinasi Covid-19 yang digelar di Hotel Pesonna Pekalongan.

BERITA.NEWS, Pekalongan – Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat terus digalakkan, termasuk di Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Kali ini, vaksinasi massal digelar oleh Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal di Hotel Pesonna Pekalongan selama dua hari, yaitu pada 26-27 Juli 2021.

Sebanyak 1.400 orang pegawai sektor jasa keuangan se-eks Karesidenan Pekalongan mendapatkan suntikan vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Kegiatan ini turut dihadiri Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid.

Kepala Kantor OJK Tegal, Ludy Ardianto mengatakan bahwa pihaknya mendapat alokasi vaksin sekitar enam ribu dosis. Jumlah tersebut dibagi untuk pelaksanaan vaksinasi di Kota Tegal dan Kota Pekalongan.

“Sasaran kegiatan vaksinasi hari ini adalah untuk pegawai industri jasa keuangan, keluarga, dan nasabah kami, yakni dari PLN, PT Telkom, PT Pos, dan nasabah perbankan,” katanya.

Baca Juga :  5.500 PKL dan Warung Terdampak Pandemi di Demak Terima Bantuan Tunai

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid menyampaikan apresiasinya terhadap Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Tegal yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.

Menurut Wali Kota, program tersebut dapat membantu pemerintah untuk melakukan percepatan vaksinasi di sektor jasa keuangan, sehingga dapat mencapai kekebalan komunitas (herd immunity).

Wali Kota mengakui, antusiasme masyarakat Kota Pekalongan dan sekitarnya sangat tinggi.

“Kita melihat antusiasme masyarakat untuk melakukan vaksinasi sudah sangat tinggi, tetapi kuota vaksinnya ini yang belum ada. Dropping dari Provinsi Jawa Tengah ini masih kurang untuk Kota Pekalongan. Alhamdulillah juga berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak termasuk TNI, Polri, dan OJK yang membantu melakukan serbuan vaksinasi massal kepada masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Tiba di Bandara Internasional Sentani Jayapura, Abdul Hayat Disambut KKDB

Dijelaskannya, vaksinasi terbukti menjaga kekebalan tubuh. Vaksinasi membuat tubuh memiliki memori sel antibodi. Seseorang yang sudah divaksin, apabila terpapar Covid-19 cenderung mengalami gejala yang jauh lebih ringan daripada orang yang belum divaksin.

Meski begitu, Wali Kota meminta masyarakat yang sudah divaksin agar tetap menaati protokol kesehatan (prokes) dalam aktivitas sehari-harinya. Di antaranya memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

  • Yon