Warga Diimbau Tetap Taat Prokes Meski Sudah Divaksin

Warga Desa Karangmlati, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, saat mengikuti vaksinasi di balai desa setempat, Rabu (21/7/2021).

BERITA.NEWS, Demak – Warga Desa Karangmlati, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, antusias mengikuti vaksinasi massal Covid-19 yang digelar di aula balai desa setempat, Rabu (21/7/2021). Warga pun diimbau tetap menaati protokol kesehatan (prokes) meski sudah mendapatkan vaksin.

Vaksinasi kali ini diikuti sekira 80 orang yang terdiri dari remaja usia 12 – 17 tahun untuk mendapatkan vaksin tahap pertama, dan warga lanjut usia (lansia) yang mendapatkan vaksin tahap kedua. Kegiatan ini melibatkan petugas tenaga kesehatan dari Puskesmas Demak I, seorang dokter, dan lima petugas tenaga kesehatan lainnya.

Kegiatan vaksinasi ini turut dipantau Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 01/Demak Sertu Choerul H bersama Bhabinkamtibmas dan Anggota Pos AL Demak serta staf desa setempat.

Pemantauan dan pengawasan oleh petugas ini dilakukan agar dalam pelaksanaan vaksinasi bisa berjalan aman, tertib, dan lancar, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga :  Sekda Tegaskan Belum Ada Warga Negara Asing Masuk Sinjai

Selain itu, kehadiran Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta Anggota Pos AL Demak ini untuk memberikan semangat dan meningkatkan rasa percaya diri warga.

“Diharapkan selama pelaksanaan Vaksinasi dari awal hingga usai tidak ada kendala ataupun hambatan yang terjadi, terlebih yang melaksanakan vaksinasi diantaranya merupakan warga lanjut usia,” kata Sertu Choerul.

Seperti pelaksanaan vaksin sebelumnya, pada vaksinasi kali ini juga dilaksanakan beberapa tahap, seperti mengisi pendaftaran, cek tensi dan suhu badan serta skrining.

Bila memenuhi syarat dan dinyatakan lolos skrining maka warga baru bisa divaksin.

Selesai melaksanakan vaksin, warga harus menunggu kurang lebih 30 menit di ruang observasi untuk mengantisipasi terjadinya reaksi terhadap vaksin.

Baca Juga :  Sembilan Rumah Hangus Terbakar di Bener Meriah, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Kepada seluruh warga Karangmlati, Sertu Choerul mengimbau agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas keseharian meskipun sudah mendapatkan vaksin, seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, dan menghindari kerumunan.

Sementara itu Danramil 01/Demak Kapten Inf Etok S terus mengingatkan kepada Babinsa untuk selalu aktif melaksanakan pendampingan dan pemantauan dalam setiap kegiatan vaksinasi.

Hal itu tersebut, katanya, bertujuan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi.

“Sehingga bila ada hal-hal yang tidak diinginkan Babinsa dan petugas lainnya bisa segera memberikan tindakan dengan cepat,” ujar Danramil.

  • Yon