Kejari Sinjai Musnahkan Sejumlah Barang Bukti Perkara Pidana Umum

BERITA.NEWS, Sinjai – Kejaksaan Negeri Sinjai melakukan pemusnahan barang bukti perkara tindak pidana umum di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Sinjai, Provinsi Sulawesi Selatan, Senin (19/7/2021).

Barang bukti yang dimusnahkan merupakan perkara tindak pidana umum periode Januari hingga Juli 2021 dari total 23 perkara. Pemusnahan barang bukti tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai Aji Prasetya.

Barang bukti yang dimusnakan telah memiliki ketetapan hukum tetap yang diputuskan Pengadilan Negeri Sinjai.

Pemusnahan barang bukti ini dilakukan dengan cara dibakar, sedangkan untuk obat-obatan terlarang dimusnahkan dengan cara dilarutkan ke dalam air sehingga tidak dapat dipergunakan lagi.

Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Ajie Prasetya, saat dikonfirmasi langsung oleh media mengatakan bahwa barang bukti yang dimusnahkan ini merupakan barang bukti tindak pidana yang telah memiliki kekuatan hukum tetap atau in kracht van gewijsde.

Baca Juga :  Pusjarah Mabes Polri Kunjungi Tempat Sejarah di Sulsel

“Barang bukti yang dimusnahkan hari ini adalah barang bukti tindak pidana umum yang telah memiliki kekuatan hukum dan untuk kasus perkara pidana umum yang saat ini kita tangani, yang paling menonjol adalah perkara Narkotika. Hampir 70 persen perkara kasus Narkotika yang kita tangani,” ungkap Ajie usai memusnahkan barang bukti.

Sementara itu, Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan menuturkan bahwa sebagai bagian dari sistem penegakan hukum, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut. Harapannya sinergitas antara Kepolisian, Kejaksaan maupun Pengadilan semakin meningkat selaras dengan Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Sinjai.

Baca Juga :  Pasokan Air Lekopancing Menurun, PDAM Makassar Turunkan Pompa Suplesy

“Sinergitas antar aparat penegak hukum dan dukungan dari semua elemen masyarakat tentu sangat membantu dalam rangka menciptakan Kamtibmas yang kondusif khususnya terkait dengan penanganan kejahatan atau tindak pidana lainnya,” ujar Kapolres Sinjai.

Kegiatan pemusnahan barang bukti ini dihadiri oleh Dandim Sinjai Letkol Ely Asyer Sitompul, Kapolres Sinjai AKBP Iwan Irmawan, Ketua Pengadilan Negeri Sinjai Agung Nugroho Suryo Sulistiyo, Sekretaris Dinas Kesehatan dr Farina Irfani, serta Perwakilan Kepala Rutan Kelas II B Sinjai, Asis.

  • Sulfikar