Alasan Dekat, Warga Antusias Ikut Vaksinasi di Desanya

Vaksinasi digelar di Desa Harjowinangun, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Sabtu (17/7/2021).

BERITA.NEWS, Demak – Warga Kabupaten Demak, Jawa Tengah, antusias mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19.

Ini terlihat saat dilaksanakan vaksinasi massal di Desa Harjowinangun, Kecamatan Dempet, Kabupaten Demak, Sabtu (17/7/2021), warga berdatangan.

Salah satu warga yang datang untuk vaksin adalah Mustofiatun (43).

Bahkan, Mustofiatun mendatangi balai desa tidak sendirian, tapi mengajak seluruh keluarganya yang berusia di atas 17 tahun.

Dia mendapatkan informasi melalui chat WhatsApp dari RT setempat tentang program vaksinasi yang digelar di desanya.

“Mumpung dekat tempatnya, saya langsung datang bersama keluarga,” katanya.

Sebenarnya program vaksinasi terpusat di Kabupaten Demak terbuka setiap hari pada 7 titik yang sudah ditetapkan. Namun masyarakat terkadang merasa tempatnya terlalu jauh atau alasan lain sehingga lebih antusias ketika pelayanan vaksinasi dibuka di desa masing-masing.

Sementara itu, Kepala Desa Harjowinangun Siswanto mengatakan dari 4.281 warga usia 17 tahun ke atas, yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 baik dosis pertama maupun dosis kedua sudah sekitar 400-an orang.

Baca Juga :  Rumah Sehat di Surabaya Mampu Tampung 2.346 OTG

Ia beserta jajaran perangkat desanya terus mengupayakan sosialisasi kepada warga tentang pentingnya vaksinasi Covid-19, terutama untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Di samping itu, salah satu hal yang mendorong warga untuk mau menjalani vaksinasi ya karena untuk mendapatkan bansos syaratnya harus punya sertifikat vaksin,” terang Siswanto.

Siswanto gencar melakukan edukasi melalui pengeras suara, grup media sosial untuk warga, mendatangi warga, maupun secara door to door.

“Vaksinasi ini aman. Kalau tidak aman bagi rakyat tidak mungkin kan pemerintah akan menerapkannya. Kami terus mencoba meyakinkan warga,” jelasnya.

Selain edukasi tentang keamanan dan manfaat vaksinasi, Siswanto juga tak bosan-bosan mengingatkan warganya agar selalu disiplin protokol kesehatan.

“Kami minta agar warga tidak melupakan perilaku 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi,” tutur Siswanto.

Baca Juga :  Dirikan Dapur Umum, Mbak Ita Bagikan Makanan Siap Saji ke Warga Isoman dan Terdampak Pandemi

Vaksinasi di Desa Harjowinangun merupakan inisiasi Tatiek Soelistijani, seorang politisi PDI Perjuangan Kabupaten Demak sebagai wujud dukungan percepatan program vaksinasi nasional. Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Demak dan Pemerintah Desa Harjowinangun.

Mbak Tatiek — sapaan akrabnya –, ingin memastikan warga di daerah pemilihannya mendapatkan pelayanan vaksinasi yang diharapkan dapat mempercepat terbentuknya herd immunity.

β€œMari kita sukseskan program vaksinasi ini. Semua komponen dan anak bangsa harus bergotong royong menangani pandemi ini,” kata Mbak Tatiek yang juga Ketua Komisi C DPRD Demak.

  • Yon