Kecuali Pinrang, 161 Desa Se-Sulsel Masuk Daftar Anugerah Desa Wisata Indonesia

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman bersama Menteri Sandiaga Uno (Dok)

BERITA.NEWS,Makassar– Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif gelar lomba Anugerah Desa Wisata 2021. Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) usulkan 161 Desa dari 23 Kabupaten dan Kota. Kecuali Kabupaten Pinrang tidak ada perwakilan. Jumat (16/7/2021).

Data Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman yang diupload di media sosialnya hanya kabupaten Pinrang yang tidak ada perwakilan Desa dari 24 Kabupaten dan Kota yang ada di Sulsel ikuti Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 tersebut.

Adapun usulan desa wisata untuk Sulsel di 2021 sebanyak 161 Desa, paling banyak adalah Kabupaten Sinjai 19, Maros 18, Toraja Utara 17, Jeneponto 17, Enrekang 15, Bulukumba 14, Takalar 10, Pangkep 10, Selayar 8, Gowa 5.

Baca Juga :  DPMPTSP: Kanada dan R.R. Tiongkok Jadi Pemodal Investasi Terbesar di Sulsel

Selanjutnya, Luwu; Lutim; Toraja masing- masing 4, Bantaeng; Sidrap masing-masing 3. Makassar; Bone; Barru; Luwu Utara total 8. Parepare; Palopo; Takalar; Soppeng; juga masing-masing 1 Desa, kecuali Pinrang tidak ada.

“Alhamdulilah terdaftar dari kabupaten kota 161 usulan Desa Wisata untuk ikut lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 oleh Menteri,” ucapnya.

Andi Sudirman meminta kepada seluruh desa yang telah didaftarkan dalam even tersebut untuk mempersiapkan diri menjalani Bimbingan Teknis dan Workshop yang digelar Kemenparekraf.

“Penetapan juara di bulan Desember 2021. Semua desa yang sudah kita usulkan harapan kami teregistrasi dalam sistem kementerian untuk program-program berkelanjutan,” tegasnya.

Baca Juga :  Abdul Hayat Yakin Atlet Sulsel Juara di PON XX Tahun 2021 di Papua

Sementara itu, Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dalam sambutannya mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan energi positif bagi pariwisata di Indonesia.

“Dengan kegiatan ini kami optimis pariwisata kita bisa bangkit. Melihat animo pemerintah dan masyarakat terkait dengan pelaksanaan ADWI 2021 akan menjadi semangat dalam memberikan dorongan bagi kemajuan pariwisata di Indonesia,” jelasnya.

 

Andi Khaerul