Gratis Akses, Hasan Sijaya Sulap Ruangan Perpustakaan Sulsel Lebih Modern

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sulsel Hasan Sijaya (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS,Makassar- Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Pemprov Sulsel Hasan Sijaya memodernisasi ruangan perpustakaan. Menarik minat baca masyarakat, khususnya generasi milenial. Jumat (16/7/2021).

Hasan mengatakan konsep gaya baru ini tidak lagi terkesan monoton. Nntinya akan dilengkapi berbagai fasilitas yang nyaman bagi pengunjung. Tentunya bisa di akses gratis semua masyarakat.

“Ini cocok untuk gaya milenial. Kita buka ruang diskusi dan gratis, bisa digunakan kapan saja. Nanti di launching 17 Oktober 2021. Mudah-mudahan bisa selesai,” ucapnya.

Pantauan BERITA.NEWS perpustakaan milik Pemprov Sulsel di Jalan Sultan Alauddin itu tengah dalam pembenahan, akan disediakan tempat baca yang bisa selonjoran diatas karpet, ruang diskusi, tempat santai ngopi dan toilet dengan konsep hotel. Rencana rampung Oktober 2021.

“Dipikiran saya ingin menciptakan tempat yang moderen dan ruang layanan sangat representatif agar bisa dinikmati oleh para pemustaka. Koleksi (buku) juga lengkap, ruangan dingin bersih dan segala kebutuhan pemustaka itu ada didalamnya. Ini secara perlahan,” ujarnya.

Lebih lanjut hasan mengatakan pihakhya telah ubah konsep perpustakaan yang dulu menjadi lebih moderen memanfaatkan perkembangan dunia digital saat ini.

“Sasaran kita memang dianak-anak milenial, anak milenial sekarang kita tahu tidak bisa diam lagi kadang dia berdiskusi, kadang mau duduk pakai kursi, selonjoran. Nah konsep itu kami buat di ruang layanan ini. Begitu juga di lantai dua ruang baca duduk, semua gratis,” jelasnya.

“Kita mencoba mengedepankan berikan pemahaman bagi pemustaka bahwa pemerintah itu betul-betul Care didalam memajukan gerakan literasi. Salah satunya semua masyarakat yang masuk ke ruang pustaka gratis semua,” pungkasnya.

Andi Khaerul