Tingkatan Program Diklat, BPSDM Sulsel Canangkan ASN Corporate University

BERITA.NEWS, Makassar– Pemprov Sulsel dalam hal ini Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) terus berbenah melakukan peningkatan layanan Diklat atau pelatihan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN). Kamis (15/7/2021).

BPSDM Sulsel menyiapkan langkah percepatan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) dan diklat menggunakan aplikasi SIBANG Learning Management System (LMS).

Kepala BPSDM Sulsel Asri Sahrun Said mengatakan program ASN Corporate University hadir sebagai inovasi baru berikan pelatihan atau diklat dengan kurikulum khusus yang akan dirancang.

“Baru tahun ini ada. Semester pertama januari sampai juli ini kita msih pada pilot projek ada bappelitbanda, bkad, bpsdm, inspektorat dan biro organisasi. Kenapa batasi karena kita ingin ada kematangan dulu ya,” ucapnya.

Baca Juga :  Temui Plt Gubernur, Angkasa Pura Dukung Vaksinasi di Sulsel, Siapkan 1000 Kuota

Lebih lanjut, Asri menargetkan seluruh Organisasi Perangkap Daerah (OPD) di Sulsel akan mengikuti program ASN Corporate University tersebut.

“Sekarang Alhamdulillah Pergub sudah ada kemudian kita punya perampungan kurikulum sudah sementara kita rampungkan. Insalllah semester kedua agustus kita sudah running mungkin launching di awal agustus. Insallah tahun depan separuh opd di Sulsel sudah gabung,” ujarnya.

LSM merupakan aplikasi milik BPSDM dimulai sejak awal tahun 2020, merupakan platform Pelayanan proses pembelajaran secara virtual di antaranya membuat skenario pembelajaran, mengupload dan download materi pelatihan, pembuatan, pengiriman dan penilaian tugas, evaluasi interaktif, virtual meeting, diskusi kelompok virtual.

Baca Juga :  Plt Gubernur Sulsel Launching Incubator of Technology and Business Teknik Unhas

“LMS juga sedang dikembangkan untuk pelayanan virtual Mentor (e-mentoring) dan Coaching (e-coaching) serta pedoman pelaksanaan tugas WI (e-WI manual) dan peduman keterlibatan peserta dalam pelatihan (e-peserta manual). LMS juga akan diintegrasikan dengan Sistem Informasi Pengelolaan Pengetahuan (Knowledge Management System) sebagai bagian dari ASN Corpu Learning & Knowledge Management System,” jelasnya.

 

Andi Khaerul