Dinkes Luwu Gelar Rakor dengan Kepala Puskesmas, Bahas Percepatan Vaksinasi

BERITA.NEWS, Luwu – Meningkatnya angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia membuat berbagai instansi terkait mengambil tindakan cepat, terkhusus di Kabupaten Luwu.

Salah satunyang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Luwu dengan menggelar rapat koordinasi terkait sistem penanganan Covid-19 di Luwu. Rakor digelar di aula Dinas Kesehatan Luwu, Kamis (15/7/2021).

Rakor tersebut dihadiri oleh Sekertaris BKPSDM Luwu Andi Muhammad Ahkam Basmin serta Kepala Puskesmas se-Kabupaten Luwu. Salah satu yang menjadi fokus pembahasan adalah percepatan vaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan Dr Rosnawary Basir dalam penyampaiannya, mengatakan sasaran terkait vaksinasi di Kabupaten Luwu itu sekitar 268.543 orang, belum masuk dalam usia 12 tahun ke bawah. Mengingat ada edaran dari Kementrian Kesehatan untuk pelayanan vaksinasi dimulai umur 12 sampai 17 tahun, kemudian ibu hamil dan menyusui tetap melaksanakan pelayanan vaksinasi.

Baca Juga :  Dukung Gendang RTLH, Perkim Evaluasi Data

Ia menambahkan, adapun pencapaian kita selama vaksinasi pertama yaitu 55.694 total yang divaksin atau sekitar 40,7 persen, dan untuk yang kedua sebanyak 17.967 kartu keluarga atau sekitar 6,69 persen.

“Cakupan vaksinasi kita di Kabupaten Luwu ini membawa kita di urutan ke-7 dari 24 kabupaten terkait cakupan pelayanan vaksinasi berdasarkan data PKKPN yaitu 13 persen. Sedangkan dari data manual untuk pelayanan masyarakan rentan atau umum cakupan pelayanan vaksinasi Kabupaten Luwu dari 24 kabupaten itu menempati urutan pertama yaitu 16 persen,” katanya.

Rosnawary selaku tim satuan gugus dan juga merupakan Kepala Dinas Kesehatan mengucapkan terima kasih atas upaya dan capaian kepala puskesmas beserta tim lintas sektor terkait kegiatan vaksinasi yang dilakukan.

Sementara itu, Sekertaris BKPSDM Luwu Andi Muhammad Ahkam Basmin di depan kepala puskesmas Se-Kabupaten Luwu mengatakan, kepala puskesmas merupakan bagian dari ASN, karena itu pihaknya ikut mengingatkan dan memantau.

Baca Juga :  Bupati Luwu Serahkan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2022 ke DPRD

“Alhamdulillah ketua harian tim satgas penanganan Covid-19 Luwu sangat peka terhadap kondisi yang ada di Kabupaten Luwu sehingga kepala puskesmas dan anggota tim penanganan Covid-19 juga harus peka dalam melaksanakan perintah pimpinan,” kata Andi Muhammad Ahkam Basmin.

Ahkam berharap kepada seluruh kepala puskesmas se-Kabupaten Luwu untuk memfokuskan vaksinasi di desa agar kiranya tercapai target melakukan vaksinasi di masyarakat sebanyak 80 persen.

  • Muh Asri