Puluhan CPNS Pemkab Luwu Ikuti Ujian Aktualisasi

BERITA.NEWS, Luwu – Ujian aktualisasi bagi peserta Latsar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu digelar mulai Senin 12 Juli sampai Rabu 14 Juli 2021, di Wisma Karmila dan Wisma Anda Kabupaten Luwu.

Mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19, panitia pelaksana kegiatan tetap memastikan berjalannya protokol kesehatan, terutama menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan.

Diketahui ujian aktualisasi dilaksanakan oleh Tim Penguji dari BPSDM Kabupaten Luwu. Dalam kegiatan tersebut diikuti sebanyak 70 peserta yang terdiri dari medis, pendidik, teknis lainnya dan dilaksanakan di dua tempat yang berbeda.

Baca Juga :  Basmin Mattayang Berharap Unanda Secepatnya Jadi Universitas Negeri

Para peserta Latsar memaparkan hasil aktualisasinya setelah menjalani Habituasi di unit kerjanya masing-masing, dan setelah itu ada sesi pertanyaan di hadapan penguji selama 15 menit.

Tujuan kegiatan aktualisasi adalah untuk mendidik peserta menerapkan nilai-nilai dasar ASN dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat yaitu Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika, Komitmen Mutu, dan Anti Korupsi atau yang kerap disebut ANEKA.

Rani selaku tim penguji menyampaikan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang wajib diikuti untuk setiap calon pegawai negeri sipil.

“Kegiatan ini wajib diikuti setiap calon pegawai negeri sipil untuk bisa diangkat sebagai pegawai negeri sipil 100 persen,” kata Rani di Wisma Karmila Kelurahan Sabe Kecamatan Belopa Utara Kabupaten Luwu, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga :  Pertandingan Sepak Bola Pra Porprov Zona 5 di Luwu Digelar Tanpa Penonton

Menurutnya, yang sangat menarik pada latsar ini mereka dituntut untuk membuat sebuah proyek perubahan dan inovasi.

“Jadi sebelum mereka betul-betul menjadi PNS, mereka harus membuat inovasi yang bermanfaat bagi instansinya dan juga di luar instansinya,” jelas Rani.

  • Muh Asri