Aspal DAK Rampung, PUPR Lanjut Pengaspalan DID Rp20,5 Miliar

BERITA.NEWS, Luwu – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Luwu telah merampungkan seluruh pekerjaan fisik proyek pengaspalan yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran (TA) 2021.

Menurut Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kabupaten Luwu, total anggaran pengaspalan yang PUPR kelolah dari DAK Regular sebesar Rp32 miliar.

“Dari DAK Regular sebesar Rp32 miliar untuk 4 ruas jalan dan DAK penugasan Rp13 miliar untuk 2 ruang jalan. Seluruhnya telah rampung dan kami sekarang fokus pada pengaspalan anggaran DID dan DAU,” ujarnya, Jumat, (9/7) siang kemarin.

Setelah pengaspalan DAK rampung, kembali Dinas PUPR Kabupaten Luwu, fokus menyelesaikan proyek pengaspalan di 21 ruas jalan di Kabupaten Luwu.

Pengaspalan 21 ruang jalan ini kata Husdin Iskandar, bersumber dari anggaran Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Alokasi Umum (DAU) Dinas PUPR Kabupaten Luwu Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp20 miliar lebih.

Untuk diketahui, untuk mempercepat penyerapan anggaran, Dinas PUPR Luwu, baru-baru ini menggelar pertemuan dengan para pihak rekanan.

Baca Juga :  Pasokan Air Lekopancing Menurun, PDAM Makassar Turunkan Pompa Suplesy

Pertemuan dengan pihak rekanan yang ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan setelah melakukan penandatanganan kontrak kerja agar segera memulai pekerjaan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR, Ikhsan Asaad, menyampaikan agar seluruh jajarannya yang terkait pengelolaan kegiatan melakukan tugasnya dengan baik sesuai aturan dan petunjuk tekhnis yang ada.

Ikhsan Asaad juga berpesan agar semuanya menjaga koordinasi agar segala kendala yang dihadapi di lapangan secepatnya bisa terselesaikan tanpa harus menunggu waktu yang lama.

“Apalagi untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan mobilisasi peralatan berat seperti pengaspalan. Hal tersebut untuk menghindari keterlambatan waktu kontrak pelaksanaan,” katanya

“Ini mengingat kondisi cuaca akhir-akhir ini tidak menentu sehingga dikhawatirkan bisa menghambat kegiatan di lapangan,” lanjutnya.

Dalam pertemuan tersebut, hadir konsultan supervisi dan pengawas teknis dinas beserta empat pimpinan perusahaan pemenang tender, yakni Direktur dari PT. Macca Mulia Dinamis, PT. Tristar Sulawesi Mandiri, PT. Karya Pribumi Sawerigading dan PT. Merpati Malimongan selaku pelaksana.

Baca Juga :  Pusjarah Mabes Polri Kunjungi Tempat Sejarah di Sulsel

“Kepada pihak rekanan dan konsultan pengawas, saya mengharapkan untuk senantiasa berkordinasi terutama jika terjadi perubahan dalam pelaksanaan pekerjaan agar selanjutnya di carikan solusi teknis,” sebutnya lagi.

Sementara itu, PPK, Chalid Khalid, menjelaskan jika aspal yang digunakan pada pekerjaan ini adalah jenis AC-WC atau Asphalt Concrete-Wearing Course.

“Meski jenis aspal ini bersifat non struktural, tapi mampu menambah daya tahan perkerasan terhadap penurunan mutu. Karena pada prinsipnya, jenis aspal ini merupakan lapisan perkerasan paling atas yang berfungsi sebagai lapisan aus,” urainya.

Dinas PUPR kepada konsultan meminta agar melakukan pengujian kepadatan permukaan lapisan bawah sebelum melanjutkan ke tahap pengaspalan.

Dan kepada rekanan selaku pelaksana pekerjaan, dirinya berharap agar selama masa pelaksanaan pekerjaan untuk memperhatikan prinsip 3 T yaitu Tepat Waktu, Tepat Mutu dan Tepat Administrasi.

Muh Asri