Kadisdik Sulsel Klaim Pelaksanaan PPDB di 24 Kabupaten dan Kota Berjalan Lancar

BERITA.NEWS, Makassar – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Pemprov Sulsel Prof Jufri menilai Pelaksana Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2021 SMA dan SMK berjalan lancar di 24 kabupaten dan kota. Jumat (9/6/2021).

Jufri mengatakan pelaksanaan PPDB online sejak tanggal 6 Juni hingga 8 Juli 2021 berjalan lancar. Mulai penerimaan Boarding School, Jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan, Prestasi Non Akademik dan prestasi akademik semuanya diklaimnya berjalan baik.

Meski begitu, ia mengaku tetap masalah saat awal-awal pelaksanaan PPDB online tersebut. Alasannya, kebanyakan dari calon siswa ataupun orang tua belum paham menggunakan aplikasi Pendaftaran online tersebut.

“Hari pertama sempat trouble ada aplikasi tidak bisa optimal. Tapi bisa selesai juga. Sebagai kompensasi ada penambahan waktu pendaftaran jalur zonasi waktu itu supaya hak masyarakat tidak ada yang dirugikan. Alhamdulilah tidak ada masalah kita undur semua hingga waktu pengumuman,” ucapnya.

Baca Juga :  Dirikan Dapur Umum, Mbak Ita Bagikan Makanan Siap Saji ke Warga Isoman dan Terdampak Pandemi

Menurutnya, Kabupaten dan Kota di Sulsel dalam pelaksanaan PPDB berjalan lancar. Kecuali, Kota Makassar karena jumlah pendaftar calon siswa yang akan masuk SMA dan SMK jauh lebih banyak dibanding dengan daerah lain.

“Peminat cukup besar dengan daya tampung yang tidak berimbang sehingga persaingan di tempat sekolah mendaftar makin ketat. Meskipun demikian, terkait keluhan kita juga membuka pos aduan kepada masyarakat untuk mewadahi agar masyarakat tidak ada merasa dirugikan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan SMA/SMK Disdik Sulsel Dr Idrus menyebut jumlah siswa-siswa SMP sederajat yang tamat sekitar 155 ribu orang, sedangkan kuota masuk SMA/SMK/SLB hanya 122 ribu orang.

Baca Juga :  Didamping Dokter dan Perawat Ahli, FIT Sulsel Diisi 57 Pasien OTG Covid-19

“Memang ada sekiar ribu tidak bisa terserap masuk ke negeri ke Sulawesi Selatan. Perlu di pahami pemerintah dari tahun ke tahun lakukan penambahan unit sekolah baru. Tahun ini 5 unit sekolah baru pemerintah sudah berupaya memenuhi semua itu. Pendidikan ini tanggung jawab kita semua,” tuturnya.

Andi Khaerul