Dinas PUTR Sulsel Tinjau Lokasi Lahan Bandara La Galigo Bua, Ini Harapan Kadis PUPR Luwu

BERITA.NEWS, Luwu – Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Provinsi Sulsel, Prof. Dr. Ir. Rudy Djamaluddin. M. Eng, berkunjung ke Kabupaten Luwu pagi tadi, Kamis (8/7/2021).

Kunjungan tersebut dalam rangka peninjauan lokasi pembebasan lahan Bandar Udara La Galigo Bua.

Didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Luwu, Ir. Ikhsan Asaad. S.T., M.T, serta Kepala Bidang Jalan, Ir. Usdin Iskandar, ST, Prof. Rudy Djamaluddin, melihat kondisi kesiapan lokasi dan kondisi masyarakat yang nantinya akan terdampak oleh pembebasan lahan perluasan wilayah bandara.

Luas lahan untuk perpanjangan run way bandara mencapai kurang lebih 18 hektar, sementara untuk jalan di ruas Bandara Bua – Toraja Utara mencapai 8 hektar, yang nantinya akan dilakukan pengerjaan perluasan dan penambahan area Bandara.

Baca Juga :  Ahkam Basmin Bawa Dua Cabor Lolos Porprov, Sepak Bola dan Menembak

Sebelumnya telah dilakukan audiensi dan penyerahan kelengkapan berkas oleh Kadis PUPR Luwu ke Provinsi mengenai kelengkapan administrasi, gambaran peta dan titik lokasi lahan perluasan jalan, serta surat permohonan dari Bupati Luwu.

Sementara itu, Prof Rudy mengatakan, atas rencana perluasan jalan dan lahan bandara, nantinya akan dibuatkan anggaran perubahan.

“Dalih dari anggaran perubahan yang disebutkan Kadis PUTR Provinsi Sulsel tersebut, didasari oleh 2 sebab, yakni pengembangan area bandara dan perluasan jalan dari arah bandara menuju Kabupaten Toraja Utara,” imbuh Ikhsan ke awak media.

Baca Juga :  Basmin Mattayang Berharap Unanda Secepatnya Jadi Universitas Negeri

Sementara itu, Usdin Iskandar menyatakan bahwa, pembebasan lahan nantinya akan dianggarkan di APBD perubahan 2021 oleh Pemerintah Provinsi Sulsel, sedangkan untuk pematangan lahannya seperti penimbunan jalan, rencananya akan dianggarkan di APBD pokok 2022.

Kadis PUPR Luwu Ir. Ikhsan Asaad. S.T., M.T, berharap, atas perubahan anggaran tersebut, semoga tahun depan telah dimulai pelaksanaan pembebasan lahannya serta pengerjaan perluasan Bandara La Galigo, Bua.

  • Muh Asri