Masih Tanah Merah, Jalan Masuk BLK Luwu Segera Dibenahi

BERITA.NEWS, Luwu – Dalam rangka mendukung aksesibilitas lokasi pembangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Luwu di Desa Karang-Karangan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) mulai tahun ini memprogramkan peningkatan jalan masuk sebagai salah satu skala prioritas pembangunan jalan.

Untuk tahun anggaran 2021 ini, Dinas PUPR telah mengalokasikan anggaran tahap awal untuk pelebaran dan perkerasan sepanjang 800 meter.

Jalanan menuju BLK permukaannya masih tanah merah dengan kondisi yang becek dan berkubang. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini. Bahkan di beberapa titik, badan jalan telah mengalami penyempitan akibat bahu yang longsor.

Kondisi jalan masuk tersebut melahirkan keprihatinan banyak pihak. Tak terkecuali Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang. Apalagi, jalan ini merupakan satu-satunya akses untuk menuju BLK.

Baca Juga :  HUT ke-16 RSUD Batara Guru Belopa, Direktur Bagi-bagi Sarung ke Nakes dan Pasien

Keprihatinan orang nomor satu di Luwu itu disampaikan saat meninjau lokasi pembangunan workshop BLK yang berlokasi di Dusun Lamone, Desa Karang-Karangan beberapa waktu yang lalu.

Kala itu, Bupati Luwu dua periode tersebut didampingi Kapolres, Wakil Ketua DPRD dan sejumlah pejabat teras, menggelar bersepeda bersama di sejumlah desa di Kecamatan Bua sebelum berkunjung ke lokasi BLK.

Bupati Luwu pada kesempatan tersebut langsung meminta kepada Kepala Desa Karang-Karangan, Asbar Idrus untuk menyiapkan dan membebaskan lahan dalam rangka pelebaran dan peningkatan jalan dimaksud.

Sebagai tindaklanjut dari perintah tersebut, Kepala Desa bersama Camat Bua langsung bergerak cepat. Dengan melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat pemilik lahan khususnya yang akan dilalui rencana pelebaran jalan.

Baca Juga :  Basmin Mattayang Berharap Unanda Secepatnya Jadi Universitas Negeri

Untuk membuktikan kesiapan lahan dan menjamin kepastian dari pemilik, pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR Kab. Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT, turun langsung ke lapangan, pada Jumat (2/7/2021).

Kedatangan Kadis PUPR tersebut didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pelebaran dan Perkerasan Jalan Menuju Standar Tahun Anggaran 2021, Kepala Desa Karang-Karangan dan Konsultan, sekaligus untuk melihat kondisi eksisting jalan yang akan dikerjakan.

  • Muh Asri