Satu RT Di-lockdown, Warga Gotong Royong Bantu Tetangga yang Positif Covid

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat meninjau Jogo Tonggo di Desa Wirun, Kecamatan Kutoarjo, Purworejo, Kamis (1/7/2021).

BERITA.NEWS, Purworejo โ€“ Salah satu Rukun Tetangga (RT) di Desa Wirun, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, terpaksa di-lockdown, menyusul terjadinya peningkatan kasus Covid-19 di daerah tersebut. Tercatat 34 orang di RT 3 RW 5 Dusun Ngandagan, Desa Wirun, yang harus isolasi mandiri di rumah masing-masing, karena terpapar.

Sikap gotong royong pun diperlihatkan warga di desa setempat. Mereka bahu membahu membantu tetangganya yang positif Covid-19. Program ‘Jogo Tonggo’ diterapkan dengan baik.

Selama RT tersebut di-lockdown, kebutuhan masyarakatnya tetap terpenuhi. Tak ada yang kesulitan, karena adanya saling bantu di antara sesama warga setempat. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Pasokan Air Lekopancing Menurun, PDAM Makassar Turunkan Pompa Suplesy

โ€œJadi semuanya membantu. Tak hanya warga sekitar, ada gerakan RT-RT lain satu desa yang ikut membantu,โ€ jelas Kepala Desa Wirun, Wahyudi.

Hal itu dikatakan Wahyudi saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau desa tersebut pada Kamis (1/7/2021).

Menurutnya, tidak hanya makanan, bantuan dari RT-RT lain untuk RT 3 RW 5 yang di-lockdown juga beragam. Bahkan hingga APD dan hazmat, serta lainnya.

โ€œDari desa juga mengeluarkan anggaran untuk memberikan bantuan pada warga yang diisolasi. Setiap warga yang positif dan isolasi, kami bantu logistik Rp150.000,โ€ tutur Wahyudi.

Pihaknya juga selalu mengingatkan warga di desanya agar tetap menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Baca Juga :  Pusjarah Mabes Polri Kunjungi Tempat Sejarah di Sulsel

Mendengar penjelasan kepala desa, Ganjar mengaku bangga karena program Jogo Tonggo diterapkan dengan baik.

โ€œIni bagus sekali Jogo Tonggonya, ketika ada satu RT di-lockdown, banyak RT lain yang membantu. Saya bahagia sekali, karena ini artinya masyarakat bisa digerakkan dengan daya yang mereka miliki sendiri,โ€ ujar Ganjar.

  • Yon