Lonjakan Kasus Covid-19, Plt Gubernur Sulsel Minta Perketat Bandara dan Pelabuhan

Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (Dok)

BERITA.NEWS,Makassar– Kasus Covid-19 di Sulawesi Selatan kembali meningkat dalam sepekan terakhir. Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mulai mewanti-wanti agar dilakukan pengetatan di Bandara Sultan Hasanuddin dan Pelabuhan.

Mengigat, data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel adanya peningkatan kasus dalam sepekan terakhir disebabkan imported case atau masyarakat pendatang dari luar provinsi. Sehingga, perlu dilakukan pengetatan di wilayah perbatasan masuk provinsi Sulsel.

“Kita menyiapkan antisipasi dengan melakukan pengetatan penjagaan di perbatasan, misalnya Bandara dan Pelabuhan. Kita juga akan mengecek secara renda untuk mengetahui kelompok (masyarakat) yang berdatangan di Sulsel,” jelasnya.

Di Sulsel, kasus positif mulai naik dikisaran sekitar 100-an dalam 5 hari terakhir, olehnya itu Andi Sudirman mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Meski begitu, angka kesembuhan tetap dipertahankan tinggi diangka sekitar 97% dan angka kematian tetap ditekan diangka 1,5%.

Baca Juga :  BI Sulsel Klaim Inflasi IHK Juli 2021 Masih Bisa Terjaga dan Stabil

“Terjadi gelombang lonjakan kasus Covid-19 di beberapa wilayah di Indonesia. Angka positif yang mengalami tambahan yang terjadi di Sulsel dari imported case atau kasus yang dari luar (Sulsel) masuk ke wilayah kita,” ucapnya.

Ia pun mendorong agar vaksinasi Covid-19 terus dilakukan. Hal ini menjadi instruksi Presiden RI Joko Widodo untuk upaya satu juta vaksinasi per hari. Mengingat lonjakan kasus Covid-19 di sejumlah daerah setelah libur Lebaran. Dalam upaya mencapai satu juta vaksinasi Covid-19 per hari, melibatkan jajaran TNI-Polri.

“Masyarakat juga perlu menjaga imun tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi, vitamin serta minuman herbal lainnya. Tak lupa pula kita harus senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu diberi kesehatan dan keselamatan jalani aktivitas serta berdoa agar Sulsel dalam kondisi (Covid-19) terkendali,” pungkasnya.

Baca Juga :  Polisi Tangkap 8 Pelaku Tarung Bebas yang Viral di Medsos

Diketahui, kasus positif Covid-19 di Sulsel hingga saat ini 1134 orang terdiri dari 366 orang tanpa gejala (Asimptomatik) dan dan 768 dengan gejala (Simptomatik) total keseluruhan yang pernah terkonfirmasi positif 63,667 orang. Tingkat kesembuhan 61,564 orang atau 96 persen. Meninggal 969 orang atau 1,5 persen.