Tingkatkan Kapasitas Kader Posyandu, PKK Gowa Akan Lakukan Tes Kompetensi

BERITA.NEWS, Gowa – Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau (TP PKK) Kabupaten Gowa akan melakukan uji kompetensi bagi seluruh kader Posyandu di Kabupaten Gowa.

Anggota Pokja IV TP PKK Kabupaten Gowa, dr Tri Octaviyani mengatakan tes kompetensi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan pengetahuan seluruh kader Posyandu yang ada di Kabupaten Gowa.

“Ini sebagai salah satu upaya kita untuk meningkatkan kapasitas kader Posyandu, utamanya dalam mendukung Program Penanganan dan Pencegahan Stunting,” ujarnya saat dikonfirmasi Sabtu (26/6).

Dirinya mengungkapkan tes kompetensi ini akan dilakukan secara serentak di 18 kecamatan di Kabupaten Gowa yang dijadwalkan pada tanggal 29 Juni 2021 mendatang.

Baca Juga :  Ruangan Staf Ahli Gubernur Sulsel Kurang Terurus, Plafon Bocor, Terancam Ambruk

“Mereka akan diuji tes tulis sebanyak 30 nomor soal. Pelaksanaan kegiatan wajib memperhatikan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 dengan protokol kesehatan serta tetap memprioritaskan kesehatan pribadi,” jelasnya.

dr Tri menambahkan dalam tes kompetensi ini, seluruh kader Posyandu akan diuji dengan sejumlah materi, seperti materi tentang Posyandu dasar dan Posyandu inti serta terkait penanganan stunting.

“Selain itu ada juga materi inti Posyandu, ASI, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), stunting, Anc (Antenatal Care) persalinan dan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK),” tambahnya.

Sementara itu, dalam berbagai kesempatan, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan menyebutkan PKK Kabupaten Gowa tahun ini memiliki 3 (tiga) program besar dari pusat, salah satunya adalah penanganan stunting. Sementara dua diantaranya yaitu penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca pandemi.

Baca Juga :  Sandiaga Uno Ingin Jadikan Bantaeng Mitra Wisata Kemenparekraf

“Tiga hal ini adalah PR besar kita yang nantinya kita semua harus sama-sama melihat ekonomi, memulihkan pandemi dan juga sama-sama berperilaku hidup bersih dan sehat sehingga pandemi ini senantiasa dan insya Allah dapat segera berlalu,” ujarnya.

  • Putri