Antisipasi Uang Palsu, BI Sulsel Sosialisasi CBP Rupiah

Kegiatan sosialisasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS, Makassar – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan sosialisasi Cinta, Bangga dan Paham terhadap Rupiah kepada masyarakat, khususnya antisipasi peredaran uang palsu.

Sosialisasi dilakukan di Hotel Four Points Makassar, Sabtu (26/6/2021).

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan Budi Hanoto mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat menanamkan kecintaan, paham dan bangga terhadap Rupiah.

Budi mengatakan kecintaan terhadap Rupiah bisa dilakukan dengan tetap menjaga keaslian. Seperti tidak mencoret-coret atau sampai mencetak uang palsu, hal yang salah dan melanggar Undang-undang.

“Rupiah kita harus lihat bukan hanya sebagai benda. Ada nilai intrisiknya perlakukan dengan baik, bukan dicoret-coret, bukan Rupiah yang palsu kalau ada keep informasikan ke Bank Indonesia atau ke polisi,” ucapnya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan cinta Rupiah dengan harus tahu keaslian, Bangga Rupiah karena sebagai simbol negara dan Paham Rupiah sebagai alat transaksi perekonomian masyarakat.

“Kami terus lakukan sosialisasi, mohon dukungan ke seluruh kabupaten kota. Plus nanti program digitalisasi UMKM dan seterusnya. Kita akan hadir sosialisasi,” ujarnya.

Mengantisipasi peredaran uang palsu, Pemerintah telah membentuk Badan Koordinasi Pemberantasan Uang Palsu (Botasupal), terdiri dari beberapa lembaga yakni, Badan Intelijen Negara, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Kejaksaan Agung, Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia.

  • Andi Khaerul