Sambil Gowes, Gubernur Sosialisasikan Prokes hingga ke Gang-gang Sempit

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berhenti di depan sebuah warung, Jumat (25/6/2021), dan mengingatkan warga untuk selalu menaati protokol kesehatan.

BERITA.NEWS, Semarang – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo keluar dari rumah dinasnya, Puri Gedeh Kota Semarang, saat matahari belum muncul dari peraduan pada Jumat (25/6/2021). Masih pagi.

Dia mengenakan seragam gowes. Ganjar ditemani beberapa rekan gowesnya.

Setelah pemanasan beberapa saat, Ganjar langsung memancal pedal sepedanya berkeliling Kota Semarang. Dia masuk ke pasar-pasar dan menyusuri gang-gang sempit di perkampungan. Tujuannya satu: mensosialisasikan disiplin protokol kesehatan (prokes).

Dengan menggunakan speaker portabel, Ganjar mengingatkan warganya untuk memakai masker. Saat ada kerumunan orang yang tak pakai masker, ia berhenti untuk mengingatkan.

Selain meminta warga menggunakan masker, Ganjar juga meminta mereka untuk rajin mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan.

Gang-gang sempit yang hanya cukup dilewati sepeda ia jelajahi. Meski terkadang harus memutar arah karena jalan di depannya buntu, atau digunakan untuk warga memasak nasi.

Baca Juga :  Pusjarah Mabes Polri Kunjungi Tempat Sejarah di Sulsel

“Ayo bapak ibu, pakai maskernya. Hati-hati, sekarang Covidnya semakin ganas. Rumah sakit sudah penuh semua. Yang beli, yang jualan, semua wajib pakai masker,” kata Ganjar kepada warga.

Bukan itu saja, Ganjar juga membagi-bagikan masker kepada warga yang tidak mengenakan masker.

“Dipakai terus ya. Besok saya lewat sini lagi, kalau tidak dipakai awas ya,” ingat Ganjar.

Meski selalu menutupi wajahnya dengan masker dan berkacamata, Ganjar tetap dikenali warga.

“Pak Ganjar, mampir pak,” teriak warga saat Ganjar melintas.

Tak hanya terjun ke masyarakat untuk sosialisasi, Ganjar juga menyambangi layanan-layanan kesehatan untuk memberikan semangat.

Kali ini, Ganjar mendatangi posko penanganan Covid-19 di kantor Dinkes Provinsi Jateng. Di tempat itu, Ganjar melihat tenaga kesehatan yang sedang berolahraga.

Baca Juga :  Terapkan Prokes Covid-19 Ketat, Pemprov Sulsel Mulai Persiapkan HUT RI ke- 76

“Tetap semangat, jaga terus kesehatannya. Saya tahu njenengan lelah, tapi ini akan jadi ibadah,” ujar Ganjar.

Seorang tenaga kesehatan, Sukamto merasa sangat senang dengan kunjungan Ganjar. Menurutnya, hal tersebut bisa menambah semangat sekaligus motivasi bagi mereka dalam bekerja.

“Dengan perhatian dari Pak Gubernur ini, kami jadi tambah semangat. Karena pandemi selama ini, tenaga kesehatan yang paling repot. Istilahnya kami kedungsangan, jadi kalau dapat perhatian seperti ini, motivasi kami jadi bertambah dalam melaksanakan tugas penanganan Covid,” tutur Sukamto.

  • Yon