Pemprov Sulsel Didesak Pastikan Lahan Bangun RSP Otak, Kanker dan Jantung

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (BERITA.NEWS/Andi Khaerul)

BERITA.NEWS,Makassar– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel didesak segera siapkan lahan untuk pembangunan Rumah Sakit Pusat (RSP) Otak, Kanker dan Jantung, Anggaran pusat siap Rp2,5 Triliun. Jumat (25/6/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan pihaknya sudah melakukan penunjukan di beberapa titik sebagai opsi pembangunan RSP Otak Kanker dan Jantung tersebut.

Andi Sudirman mengatakan pihaknya diminta dalam waktu dua pekan kedepan, harus memastikan lahan yang akan digunakan. Tim Kemenkes juga akan melakukan peninjauan.

Baca Juga :  Abdul Hayat Pimpin Rapat Tindak Lanjut Pokja Percepatan Perhutanan Sosial

“Insalllah besok datang ke Sulawesi Selatan pak Dirjen untuk bangun dan itu anggarannya Rp 2,5 triliun, nah itu penetapan final dikasi waktu kita 2 Pekan harus fix lokasinya Satu di depan dalton, dua di RSKD Dadi dan CPI. Besar kemungkinan di CPI,” ucapnya.

Lebih lanjut, Andi Sudirman mengatakan Proyek RSP Otak, Kanker dan Jantung itu juga sudah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat, khususnya kementerian kesehatan dan Bappenas.

“Karena kemenkes yang menginginkan.
(Ada peningkatan anggeraan ?) Karena tiga tower yang mau dibikin satunya Otak, cancer dan jantung,” ujarnya.

Baca Juga :  Didamping Dokter dan Perawat Ahli, FIT Sulsel Diisi 57 Pasien OTG Covid-19

Diketahui, rencana awal pembangunan untuk Rumah Sakti Otak Nasional dengan anggaran Rp 900 miliar. Kemudian bertambah menjadi Rp 2,5 Triliun termasuk penanganan kanker dan jantung didalamnya.

Andi Khaerul