Copa America: Brazil Tekuk Kolombia 2-1

Para pemain Brazil melakukan selebrasi gol Casemiro ke gawang Kolombia dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Nilton Santos, Rio de Janeiro, Brasil pada 24 Juni 2021. ANTARA/REUTERS/SERGIO MORAES)

BERITA.NEWS, Jakarta – Gol Casemiro pada penghujung laga berhasil memastikan Brazil melaju ke babak selanjutnya sebagai juara Grup B Copa America 2021 setelah menang dramatis 2-1 atas Kolombia di Estadio Olimpico Nilton Santos pada Kamis pagi WIB.

Brazil sudah dipastikan lolos ke babak selanjutnya saat memasuki laga tersebut, sementara Kolombia butuh tambahan poin untuk mengamankan posisi.

Pertandingan baru berjalan 10 menit ketika Kolombia sudah membuka keunggulan. Umpan silang Juan Cuadrado disambar tendangan salto Luis Diaz yang membuat kiper Brazil Weverton tak berdaya. Skor menjadi 1-0.

Brazil beberapa kali mencoba membangun serangan, namun upaya mereka masih gagal menjebol gawang Kolombia.

Pada menit ke-24, sebuah upaya Brazil melalui umpan silang Richarlison cuma membentur pemain Kolombia dan menjadi sepak pojok.

Umpan silang Danilo di menit ke-37 disambut sundulan Neymar, yang mengarahkan bola ke Richarlison. Penyelesaian akhir Richarlison masih mudah dapat diantisipasi kiper David Ospina.

Brazil banyak menguasai bola di babak pertama, tetapi kesulitan menciptakan ancaman langsung ke gawang Kolombia. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0 untuk keunggulan Kolombia.

Baca Juga :  MU Batalkan Laga Persahabatan karena Kasus COVID-19

Tim tuan rumah tidak mengendurkan serangan di babak kedua, sedangkan Kolombia tampil disiplin di lini pertahanan mereka dan lebih mengandalkan serangan balik.

Tusukan Neymar dari tengah pada menit ke-58 diakhiri dengan sepakan kerasnya dari luar kotak penalti. namun, bola masih melenceng ke kiri gawang.

Dua menit berselang, kini giliran Richarlison yang menusuk dan mengirim umpan, tetapi Gabriel Jesus dan Roberto Firmino gagal menyambarnya.

Brazil nyaris menyamakan skor di menit ke-66. Firmino melepaskan umpan apik yang meloloskan Neymar di dalam kotak penalti, sayangnya tendangan Neymar masih mengenai tiang gawang setelah ia melewati kiper Ospina.

Tim Samba akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-78 melalui sundulan Roberto Firmino setelah menyambar umpan silang Renan Lodi. Skor menjadi 1-1.

Brazil melakukan comeback secara dramatis sekaligus mengunci kemenangan di menit ke-10 tambahan waktu. Sepak pojok Neymar disambar tandukan keras Casemiro yang tak bisa dibendung Ospina.

Baca Juga :  Juventus dan Arsenal Berebut Datangkan Manuel Locatteli

Hasil ini sekaligus memastikan Brazil melaju ke perempat final Copa America 2021 sebagai juara Grup B dengan raihan sembilan poin dari tiga laga. Mereka tak akan terkejar lagi oleh Kolombia yang sudah menyelesaikan laga babak grup, atau Peru di posisi ketiga (3 laga) dengan keduanya mengoleksi empat poin.

Susunan pemain:

Brasil (4-4-2): Weverton; Alex Sandro (Renan Lodi 62′), Thiago Silva, Marquinhos, Danilo; Fred (Lucas Paqueta 68′), Casemiro, Everton Ribeiro (Roberto Firmino 46′); Neymar, Richarlison (Gabriel Barbosa 77′), Gabriel Jesus (Everton 77′)

Kolombia (4-4-2): David Ospina; Daniel Munoz, Davinson Sanchez, Yerry Mina, William Tesillo; Juan Cuadrado, Wilmer Barrios, Mateus Uribe, Luis Diaz (Murillo ; Rafael Borre (Cuellar 64′), Duvan Zapata (Borja 64′)

  • ANTARA