Rencana Sekolah Tatap Muka Awal Juli, Plt Gubernur Sulsel: Kembalikan ke Daerah

BERITA.NEWS, Makassar– Sekolah Tatap Muka akan digelar di awal bulan Juli 2021 mendatang termasuk di Sulawesi Selatan (Sulsel), hal itu ditegaskan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Rabu (23/6/2021).

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan rencana sekolah tatap muka awal Juli, tetap akan dikembalikan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten dan Kota melihat situasi pandemi Covid-19.

“Tentu kita akan melihat yah, ada beberapa wilayah sudah buka juga di daerah itu kan kita kembalikan kepada Kepala daerah kabupaten kota untuk melakukan evaluasi kemudian melihat Apa itu prokes, wilayah zona hijau spot,” ucapnya.

Baca Juga :  BI Sulsel Klaim Inflasi IHK Juli 2021 Masih Bisa Terjaga dan Stabil

Andi Sudirman mengatakan pemerintah kabupaten dan Kota akan melakukan kajian-kajian lebih dulu, kemudian putusan dikeluarkan oleh Kepala Daerah masing-masing.

“Kembali kepada Kepala Daerah yang lebih tahu kan kabupaten dan kota, tapi provinsi tentu mensupport dan tentu juga melihat bahwa ini tidak atau iya,” ujarnya.

“Tapi kita menghimbau bahwa lebih kepada Wilayah lain memang dianggap hanya blackspot wilayah daerah Kemudian yang memang tidak ada selama ini covid mereka juga sudah lakukan pembukaan kok sudah lama,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel Muhammad Jufri mengatakan pihaknya sudah melakukan survei terhadap 47.874 siswa di 24 kabupaten dan kota. Hasilnya, mereka sepakat melakukan sekolah tatap muka, meski dengan protokol kesehatan Ketat.

Baca Juga :  Polisi Tangkap 8 Pelaku Tarung Bebas yang Viral di Medsos

“98 persen siswa menyatakan siap, 2 persen memilih sangat siap dengan memperketat Protokol Kesehatan. Begitupun juga Guru mereka sepakat. Data ini saya kirim ke kementrian untuk menjadi pertimbangan,” jelasnya.

Andi Khaerul