Ini Profil Singkat 4 ASN Pemkab Luwu Yang Ikut Lelang Jabatan Sekda

Foto bersama empat pamong senior lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu yang mengikuti lelang terbuka atau lelang jabatan Sekda Luwu di Makassar dengan Sekretaris BKPSDM Luwu Andi Muhammad Ahkam Basmin.

BERITA.NEWS, Luwu – Empat Aparatur Sipil Negera (ASN) yang merupakan pejabat atau pamong senior di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu mengikuti seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, di Makassar, Senin (14/6/2021).

Keempat pejabat ini yakni, H Sulaiman yang tidak lain adalah Kepala BKPSDM Luwu sekaligus penjabat (Pj) Sekda Luwu. Kemudian, Moch. Arsal Arsyad, yang saat ini menjabat sebagai Kepala BPKD Luwu.

Moch. Arsal Arsyad diketahui sebagai pamong senior di Pemkab Luwu dan pernah menduduki beberapa jabatan kadis di Luwu, diantaranya Kepala Bapenda. Dirinya juga telah mengantar Kabupaten Luwu beberapa kali mendapat opini WTP dari BPK.

Nama lain yakni Muh. Rudi. Saat ini, Muh. Rudi tercatat sebagai Kepala Bapenda Luwu. Jabatan Kepala Bapenda bukan pertama kali dijabatnya. Dirinya juga tercatat pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda dan Kepala Kantor Perizinan dan Pelayanan Satu Pintu.

Selanjutnya, Ahyar Kasim. Pejabat ini juga sangat familiar. Selain menjabat sebagai Asisten II Bidang Pembangunan dan Perekonomian, Bupati Luwu H. Basmin Mattayang juga mempercayakan jabatan Kepala Dinas Kominfo sebagai pelaksana tugas. Tercatat, Ahyar Kasim juga pernah menjabat sebagai Sekwan DPRD Luwu.

Baca Juga :  Pertandingan Sepak Bola Pra Porprov Zona 5 di Luwu Digelar Tanpa Penonton

Sekretaris BKPSDM Kabupaten Luwu, Andi Muhammad Ahkam Basmin, kepada awak media menyampaikan keempat peserta seleksi jabatan Sekda Luwu merupakan ASN terbaik yang dimilik Pemkab Luwu saat ini.

“Mereka betul-betul ASN terbaik dan memiliki kelebihan masing-masing. Potensi dan kompetensinya tidak diragukan lagi. Mereka adalah pamong senior dan sudah lama mengabdi ke Pemkab Luwu, pernah menjabat sejumlah jabatan penting di Luwu, dan telah menunjukan kinerja terbaik mereka,” ujarnya.

“Kita berharap semua berjalan lancar sesuai yang kita harapkan sambil menunggu hasil lengkap dari assessment dan wawancara Pansel,” tambahnya.

Diberitakan BERITA.NEWS, sebelumnya, seleksi jabatan Sekda Luwu dilaksanakan di Ruang Assessment Center Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Komplek Kantor Gubernur Sulsel Jalan Urip Sumiharjo, Makassar, mulai hari ini, Senin (14/6/2021).

Rangkaian kegiatan ini rencananya berlangsung selama 2 hari ini, meliputi assessment peserta yang melibatkan assesor madya dari BKPSDM Kota Balikpapan Annisa Fitriasri, dan asssesor muda BKD Provinsi Sulsel sebagai Ketua Tim Assessemnt.

Baca Juga :  Pemkab Luwu Perpanjang WFH bagi ASN hingga 31 Agustus

Annisa Fitriasari dalam orientasinya mengatakan rangkaian tes yang dilakukan untuk mengukur potensi calon Sekda, sekaligus memetakan kompetensi, kekuatan dan kelemahan dari masing masing peserta.

Sementara itu Kepala UPT Pontensi BKD Provinsi Sulsel, Erwin Sodding, mengatakan bahwa assessment yang dilakukan dua hari ke depan adalah model yang kompleks.

“Karena ini adalah Calon Sekda, maka assesmentnya harus kompleks dan model yang terbaik, tentu akan menghasilkan calon Sekda yang terbaik,” katanya.

“Kami sampaikan juga karena melibatkan assessor dari luar, maka ada rangkaian assessment yang dilakukan secara virtual dan daring tapi itu tidak mengubah kualitas dan esensi assessment,” tambahnya.

  • Muh Asri