Dibuka Hari Ini, Plt Gubernur Minta Ada Jatah Khusus PPDB Bagi Penghafal Qur’an Berprestasi

Plt Gubernur Andi Sudirman di agenda Coffe Morning di Kantor Gubernur (Dok)

BERITA.NEWS,Makassar– Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Andi Sudirman Sulaiman meminta agar penerimaan peserta didik baru (PPDB) periode 2021/2022 tetap memberikan kuota bagi siswa berprestasi dalam hal menghafal Al-Qur’an.

Diketahui, Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel menjadwalkan penerimaan peserta didik Baru (PPDB) akan mulai dibuka pada hari ini, 7-13 Juni 2021 pada jenjang SMA/SMK sederajat khusus untuk boarding school atau sekolah berasrama.

Dilanjutkan pada sekolah reguler SMA/SMK 14 Juni hingga 8 Juli dengan empat tahapan masing-masing yakni jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orangtua/wali serta jalur prestasi.

“Alhamdulillah, tahun ini kembali ada kuota untuk jalur prestasi, kalau perlu ditambahkan (kuotanya). Seperti untuk prestasi olahraga, penghafal Al-Qur’an bisa memilih sekolah yang diinginkan. Ini mendorong siswa kita untuk terus berprestasi,” jelasnya.

Baca Juga :  Tekan Angka Pengangguran, PKK Sulsel - PT Pos Indonesia Siapkan Lapangan Kerja

Andi Sudirman pun yang mendorong adanya kuota pendaftaran PPDB SMA/SMK di Sulsel bagi penghafal Al-Qur’an. Olehnya itu, dirinya berharap peran Perguruan Tinggi juga ikut mendorong pembukaan jalur prestasi bagi penghafal Al-Qur’an.

“Kita ingin sistem PPDB ini berjalan baik, jangan sampai terjadi masalah, dipastikan tepat waktu dan tidak terjadi kegaduhan, untuk kuota jalur prestasi sebanyak, 5% ditambah sisa kuota jika ada yang tidak terpenuhi dari tiga jalur sebelumnya,” ucapnya.

Baca Juga :  Terima Bupati Wajo, Plt Gubernur Sulsel Bahas PI Hingga Rencana Kunjungan Presiden Jokowi

Sementara itu, Kepala Disdik Sulsel Muhammad Jufri mengatakan PPDB hari ini dibuka khusus Boarding School di 6 sekolah yang ada.

“Di Makassar SMA 17, SMA Negeri 5 Tinggimoncong, SMA Negeri 11 Pinrang, SMA Negeri 3 Parepare, SMA Negeri 13 Pangkep dan SMA Negeri 5 Pare-Pare,” sebutnya.

Andi Khaerul