Tinjau Vaksinasi bagi Lansia, Dandim Demak: Tetap Taati Prokes

Dandim Demak Letkol Arh M Ufiz bersama Bupati Demak Eistianah dan Forkopimda meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi lansia di wilayah Kabupaten Demak.

BERITA.NEWS, Demak – Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh M Ufiz bersama Bupati Demak Eistianah, meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk warga lanjut usia (lansia) di wilayah Kabupaten Demak, Jumat (4/6/2021). Salah satunya di Desa Sidomulyo, Kecamatan Wonosalam.

Hadir pula dalam peninjauan itu Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Ketua DPRD Demak Sri Fahrudin Bisri Slamet, Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adittama, Kejaksaan Demak yang diwakili Tesar, Asisten I, II, III dan Ka DKK Demak Guvrin Heru Putranto.

Dalam kesempatan itu, Dandim Demak Letkol Arh M.Ufiz mengatakan bahwa saat ini kasus Covid-19 khususnya di Kabupaten Demak mengalami peningkatan.

Dengan adanya vaksinasi ini diharapkan bisa menekan penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Koramil Mranggen Bagi-bagi Masker di Jalan dan Sosialisasi Prokes

Namun demikian, diakuinya masih terdapat beberapa warga lansia yang tidak mau divaksin. Karena itu, perlu dilakukan lagi sosialisasi tentang vaksin covid-19.

Dandim menambahkan, adanya warga yang tidak mau divaksin biasanya masyarakat yang belum tahu manfaat dari pemberian vaksin Covid-19. Selain itu, adanya berita atau informasi yang tidak benar atau hoax.

Untuk itu Dandim meminta kepada camat, kades, babinsa, dan bhabinkamtibmas untuk mensosialisasikan kembali kepada para lansia tentang manfaat pemberian vaksin.

Untuk mengantisipasi lonjakan covid-19 di Kabupaten Demak, Dandim meminta kepada camat hingga kepala desa untuk menyiapkan tempat ruang isolasi mengingat rumah sakit yang ada di Kabupaten Demak sudah penuh.

Di Kabupaten Demak sendiri sudah menyiapkan tempat isolasi yaitu di gedung Wisma Hasanah.

Baca Juga :  Terima Bupati Wajo, Plt Gubernur Sulsel Bahas PI Hingga Rencana Kunjungan Presiden Jokowi

Dandim pun berharap masyarakat selalu menaati protokol kesehatan (prokes), dengan menerapkan 5M, seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Penanganan Covid-19 bukan hanya tanggung jawab satgas tetapi seluruh masyarakat bersama. Kedisiplinan merupakan kunci keberhasilan. Jika masyarakat semua disiplin mematuhi protokoler kesehatan, Insyaallah Demak akan sehat dan aman,” ungkap Dandim.

  • Yon