Cegah Lonjakan Covid, Kodim Demak Sebarkan Pamflet Protokol Kesehatan

Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz.

BERITA.NEWS, Demak – Lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi pascalebaran tahun 2021 di Kabupaten Kudus, menjadi perhatian aparat TNI Kodim 0716/Demak. Pasalnya kabupaten yang berjuluk Kota Kretek ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Untuk itu, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Arh Mohamad Ufiz secara langsung memerintahkan seluruh jajarannya untuk kembali menggencarkan sosialisasi edukasi protokol kesehatan kepada masyarakat.

Masyarakat diminta untuk selalu menaati protokol kesehatan dengan mematuhi 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain mengajak masyarakat untuk mematuhi 5M, Dandim juga memerintahkan jajarannya untuk memasang pamflet di sejumlah tempat, terutama di lokasi strategis, pusat perbelanjaan, pertokoan, simpang jalan dan lainnya.

Salah satu pamflet yang disebarkan Kodim Demak sebagai sosialisasi penerapan protokol kesehatan. ()

“Pasca Lebaran, Kabupaten yang dekat dengan kita saat ini berzona merah, bahkan merah sekali. Bahkan saat ini di kabupaten kita sendiri, rumah sakit penuh dengan pasien Covid-19. Untuk itu, saya perintahkan seluruh jajaran untuk gencar lakukan sosialisasi dan memasang pamflet di sejumlah titik,” ungkap Dandim, Kamis (3/6/2021).

Baca Juga :  Sambut Hari Bhayangkara ke 75, Polres Bone Anjangsana di Tiga Lokasi

Pamflet pertama, berisi tentang informasi bahwa lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah yang sangat pesat, sehingga hal ini menjadi tugas semua pihak/tugas bersama, baik aparat TNI, Polri, Pemerintah dan juga masyarakat.

Dalam pamflet ini terpampang foto Dandim, Bupati dan Kapolres, yang menunjukkan bahwa Pemerintah, TNI dan Polri serius dalam penanganan Covid-19.

Untuk pamflet kedua, berisi informasi tentang munculnya varian baru Covid-19, data warga Kabupaten Demak yang terkonfirmasi virus, dan ajakan untuk tetap waspada dan bersama melawan virus corona, serta gambar dan keterangan tentang 5M.

Pamflet ketiga, berisi ajakan kepada umat muslim di Kabupaten Demak untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan ibadah di masjid atau musholla. Pamflet juga berisi gambar dan keterangan tentang protokol kesehatan di masjid.

Baca Juga :  Perintah Kapolri, Polres Toraja "Sapu Bersih" 17 Preman

Dan Pamflet keempat berisi tentang jumlah total pasien Covid-19 di Kabupaten Demak, dan ajakan untuk menghindari kerumunan, yaitu hindari makan bersama di restoran, lebih baik makan di rumah. Hindari hajatan bersama orang banyak, kurangi rekreasi bersama keluarga di rumah saja, dan kurangi aktifitas di pasar belanja seperlunya saja.

“Ada 4 lembar jenis pamflet yang kita sebar ke seluruh jajaran Koramil. Harapannya warga dapat melihat, membaca dan menerapkan imbauan protokol kesehatan yang ada. Semoga masyarakat Demak disiplin sehingga menjadi Kabupaten Demak yang sehat dan damai,” tandas Dandim.

  • Yon