Cedera Saat Latihan, Rins Absen di GP Catalunya

Pebalap tim Suzuki Ecstar Alex Rins (Ho via Suzuki Racing Corporation)

BERITA.NEWS, Jakarta – Alex Rins akan melewatkan Grand Prix Catalunya menyusul kecelakaan ketika berlatih dengan sepeda pada Kamis, demikian tim Suzuki Ecstar.

Pebalap Spanyol itu terjatuh dan mendapati cedera di lengan kanannya, yang mengalami memar dan terasa sakit.

Rins telah mendapat perawatan di Rumah Sakit Universitari Dexeus di Barcelona dan hasil cek medis memperlihatkan adanya retakan di tulang radius sang pebalap. Rins akan menjalani bedah pada Jumat pagi (4/6/2021) untuk cedera tersebut.

Ia juga mendapati benturan keras di kepalanya sehingga harus menjalani pemindaian CT setibanya di rumah sakit namun hasil tes tidak menunjukkan cedera yang mengkhawatirkan.

“Alex Rins menderita patah tulang artikular radius distal kakan dengan pergeseran kecil dan peradangan tinggi,” kata Dokter Xavier Mir, direktur unit bedah tangan dan bedah mikro Rumah Sakit Universitari Dexeus.

“Kami memiliki dua pilihan, salah satunya adalah menghentikan retakan dengan plester, tetapi pemulihannya akan memakan waktu sekitar 4-6 pekan.

“Atau sebagai alternatif, kami menyarankan operasi, yang kami anggap sebagai pilihan terbaik. Besok pagi kami akan melakukan intervensi dan memasang dua sekrup ke tulang yang terluka.”

Akan sulit memprediksi berapa lama Rins harus menjalani pemulihan pascaoperasi.

“Disayangkan apa yang terjadi hari ini. Saya sangat ingin membalap di sini di Montmelo dan memiliki performa solid untuk kembali ke trek setelah beberapa balapan yang berat,” kata Rins, yang gagal finis di empat balapan sebelumnya.

“Saya akan menjalani operasi dan kemudian bicara soal waktu pemulihan… Saya tidak tahu apakah akan siap untuk GP Jerman tetapi saya akan bekerja keras untuk fit pada waktunya.”

Tim Suzuki Ecstar telah memutuskan tidak akan menugasi pebalap cadangan menggantikan Rins di balapan akhir pekan ini, tetapi test rider Sylvain Guintoli akan tetap menjalani tugas menguji motor Suzuki GSX-RR di pada Senin di Sirkuit Barcelona-Catalunya.

  • ANTARA