Kesepakatan Batas Luwu-Torut Mulai Ada Titik Terang

BERITA.NEWS, Luwu – Kesepakatan batas wilayah Kabupaten Luwu dengan Kabupaten Toraja Utara mulai ada titik terang. Dari 17 pilar batas utama mengerucut hampir seluruhnya selesai.

Pembahasan batas wilayah Kabupaten Luwu dan Toraja Utara selama ini menjadi kisruh, baik oleh pemerintah kedua wilayah ini maupun oleh warga yang bermukim di sekitar batas wilayah.

Kedua Pemda telah melakukan beberapa kali pertemuan yang difasilitasi oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kabag Pemerintahan Kabupaten Luwu, Hj. Enrika Nurthalib, kepada BERITA.NEWS, Selasa 1 Juni kemarin, menyampaikan rapat terakhir dengan Pemkab Toraja Utara mereka laksanakan 31 Mei lalu.

“Luwu dan Torut memiliki 17 pilar batas utama subsegmen titik tapal batas. Hasil pertemuan di Makassar yang difasilitasi oleh Kemendagri membahas tentang titik pilar batas utama,” ujarnya.

Baca Juga :  Kunjungi Sekolah Budaya Luwu, Begini Pesan Datu Luwu

Dalam pertemuan di Makassar, Pemkab Luwu menyatakan tidak menyepakati beberapa Pilar Batas Utama (PBU) yakni, PBU 6 hingga 11.

“Menindaklanjuti hasil pertemuan di Makassar, kemarin 31 Mei, Toraja Utara mengundang Pemerintah Kabupaten Luwu untuk membahas 6 titik tersebut, yakni PBU 6 hingga PBU 11,” ujar mantan Sekretaris Dinas Pariwisata, ini.

“Hasilnya disepakati pada PBU 7-8-9 dan khusus PBU 6-10-11 diserahkan penyelesaiannya pada pihak desa atau kelurahan, lembang atau tokoh adat, tokoh masyarakat setempat untuk peletakan titik koordinatnya,” lanjut Enrika.

Guna memastikan kesepakatan ini bisa berjalan, Pemkab Luwu dan Pemkab Toraja Utara mengagendakan pertemuan selanjutnya Rabu 2 Juni siang ini.

Baca Juga :  Besarnya Animo Masyarakat Tanam Jahe, Dinas Pertanian Luwu Gelar Pelatihan

“PBU 8 yang letaknya di jalan provinsi yang selama ini menjadi konflik panjang antara pihak Luwu yakni Desa Salubua dengan pihak Torut yakni Kelurahan Buangin, akhirnya disepakati oleh semua pihak,” ungkap Kabag Pemerintah Luwu.

Dana, disepakati, pada pilar batas utama, yakni, batas yang telah dipasang Topdam akan dipindahkan ke titik yang telah disepakati.

  • Muh Asri