Kebakaran Rumah Makan di Gowa, 1 Tewas 3 lainnya Kritis

Proses evakuasi yang dilakukan personil Polres Gowa di Lokasi Kebakaran Senin (31/5) malam. (Foto: berita.news/Putri).

BERITA.NEWS, Gowa – Kebakaran melalap rumah makan Cangkuning di Jalan Sultan Hasanuddin, Kabupaten Gowa pada Senin (31/5/2021) malam.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 20:40 Wita ini diduga karena kelalaian karyawan Rumah Makan saat mengganti tabung gas.

Hal tersebut disampaikan langsung Kasubag Humas Polres Gowa AKP Mangatas Tambunan saat dikonfirmasi Selasa (1/6/2021).

“Rumah makan Cang Kuning yang berada di Jalan Sultan Hasanuddin dekat perbatasan Makassar pada malam kemarin Senin (31/5/2021) sekitar Pukul 20:40 Wita mengalami kebakaran diduga akibat adanya kelalaian seorang karyawan saat mengganti tabung gas,” terang AKP Tambunan.

AKP Tambunan menjelaskan kronologi kebakaran tersebut bermula saat salah satu korban berjenis kelamin laki-laki Kamaruddin (36) sementara mengganti tabung gas lalu isi gas keluar.

“Korban sempat ditegur oleh rekannya untuk membawa gas ke luar, dan menutup gas dengan kain,” ujar AKP Tambunan.

Korban yang panik pun langsung membawa tabung gas ke dalam kamar mandi lalu menyimpannya kedalam ember yang berisi air.

Baca Juga :  Terjadi Lonjakan Kasus Covid, Plt Gubernur Sulsel Ingatkan Disiplin Prokes dan Jaga Imun

“Karena korban panik dan gas keluar kemudian korban membawa lari tabung gas kedalam kamar mandi lalu menyimpannya didalam ember yang berisi air dengan posisi tabung menghadap ke bawah lalu mengunci diri dalam kamar mandi,” terang AKP Tambunan.

Pada saat waktu yang bersamaan terjadi kebakaran karena salah satu karyawan bernama Zul Fahmi (25) sementara menggoreng ikan lalu api mulai menjalar ke dinding dapur.

“Karena panik ke dua orang saksi berlari keluar menyelamatkan diri dan kembali lagi kedalam dapur untuk memadamkan api menggunakan tabung pemadam sekaligus mencabut Regulator tabung gas yang masih terpasang di semua Kompor yang ada,” ujar AKP Tambunan.

Pasca kejadian personil Satuan Sabhara dan Tim INAFIS Polres Gowa tiba di TKP sekitar pukul 21:00 WITA kemudian mengamankan, mengolah TKP serta berupaya memadamkan api bersama petugas pemadam kebakaran sekaligus menyelamatkan korban.

Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 22:00 WITA, sementara dalam kejadian tersebut ditemukan satu korban meninggal dunia dalam kamar mandi bernama Kamaruddin (36).

Baca Juga :  Tekan Angka Pengangguran, PKK Sulsel - PT Pos Indonesia Siapkan Lapangan Kerja

“Dalam kejadian ini ada 4 korban yang mengalami luka bakar dan satu diantaranya ditemukan meninggal dunia. Semua korban merupakan karyawan rumah makan tersebut sementara kerugian materil sekitar Rp 10 juta,” jelas AKP M Tambunan.

Adapun korban luka bakar masing masing Edy (26), Samsul Baco (36) dan Sofyan (21). Ketiga korban merupakan karyawan di Rumah makan tersebut.

Ke empatnya dilarikan ke rumah sakit Syekh Yusuf kabupaten Gowa untuk mendapatkan penanganan medis sementara, korban yang meninggal dunia di rujuk ke rumah sakit Bhayangkara untuk dilakukan otopsi.

Hasil komunikasi pihak kepolisian dengan keluarga korban menjelaskan bahwa pihak keluarga menolak untuk dilakukan otopsi selanjutnya jenazah dibawa oleh pihak keluarga ke rumah duka.

  • Putri