Gunakan Pengeras Suara, Danramil Mranggen Sosialisasi Prokes di Pasar

Danramil 12/Mranggen Kapten Arm Sukartiyo menggunakan megaphone melakukan sosialisasi protokol kesehatan di Pasar Mranggen, Senin (31/5/2021).

BERITA.NEWS, Demak โ€“ Berbagai upaya terus dilakukan aparat TNI dari Kodim 0716/Demak dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Demak.

Salah satunya dilakukan personel Koramil 12/Mranggen dengan melakukan sosialisasi edukasi tentang pentingnya protokol kesehatan (prokes) kepada para pedagang dan pengunjung di Pasar Mranggen, Demak, Jawa Tengah, Senin (31/5/2021).

Kali ini, sosialisasi dipimpin langsung Danramil 12/Mranggen Kapten Arm Sukartiyo. Bahkan, dengan menggunakan pengeras suara berupa megaphone, Dandramil 12/Mranggen mengimbau dan mengajak para pedagang dan pengunjung pasar mematuhi protokol kesehatan.

Sosialisasi ini dibagi menjadi 2 tim. Tim pertama di lantai 2 yang dipimpin langsung oleh Danramil 12/Mranggen. Sementara tim kedua memberikan sosialisasi di lantai 1 yang dipimpin Wakapolsek Mranggen Iptu Sarengat.

Dengan berbekal megaphone dan alat peraga kampanye 5M, aparat gabungan dari Koramil 12/Mranggen, Satpol PP dan Polsek Mranggen ini menyerukan tentang imbauan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun, menjaga jarak aman dengan orang lain, mengurangi mobilitas di luar rumah dan menghindari kerumunan.

Baca Juga :  Tekan Angka Pengangguran, PKK Sulsel - PT Pos Indonesia Siapkan Lapangan Kerja

Dengan menyusuri setiap sudut lorong pasar, aparat gabungan juga banyak menjumpai para pedagang dan pembeli atau pengunjung pasar yang tidak membawa dan memakai masker. Bahkan ada juga yang membawa masker tetapi hanya digantung di dagu.

โ€œUntuk itu, kita ingatkan mereka agar selalu memakai masker, menjaga jarak saat transaksi jual beli dan sering mencuci tangan menggunakan sabun, agar pasar tidak menjadi klaster penyebaran virus,โ€ ungkap Danramil Kapten Sukartiyo di sela-sela sosialisasi.

Aparat gabungan juga membagikan masker gratis kepada para pedagang dan pengunjung pasar yang kedapatan tidak membawa masker. Mereka diminta untuk memakai masker dimanapun berada, terlebih saat keluar rumah.

Baca Juga :  Terima Bupati Wajo, Plt Gubernur Sulsel Bahas PI Hingga Rencana Kunjungan Presiden Jokowi

โ€œYang kedapatan tak membawa masker, kita berikan sanksi untuk mengucap Pancasila dan ayat pendek Alquan. Setelah itu, kita berikan masker gratis untuk dipakai,โ€ lanjutnya.

Danramil berharap, dengan terus mengingatkan warga akan protokol kesehatan, penyebaran virus corona di wilayah Kecamatan Mranggen dapat ditekan.

“Dengan demikian pandemi yang sudah berlangsung dua tahun ini dapat segera berakhir,” harapnya.

  • Yon