Pemprov Sulsel Gagal Pertahankan WTP, BPK Sebut Kas Daerah Tekor Hingga Pajak Tidak Disetor

Rapat Paripurna LHP LKPD tahun 2020 di Gedung DPRD Sulsel (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar– Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel gagal raih predikat Wajar Tanpa Pengecualin (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Keuangan tahun 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jumat (28/5/2021).

Kepala BPK Perwakilan Sulsel Wahyu Priyono mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan penilaian predikat WTP LHP Keuangan tahun 2020 Pemprov, mengingat ada beberapa catatan temuan pengelolaan keuangan yang bermasalah.

Ada tiga catatan BPK, pertama adanya penambahan anggaran oleh Pemprov tanpa sepengetahuan DPRD, kedua ada temuan kekurangan kas di tiga OPD yang tidak jelas peruntukannya dan ketiga pajak yang tidak di stor ke kas negara dan daerah.

“Memang ada tiga permasalahan utama yang menyebabkan kami BPK tidak dapat memberikan opini WTP inikan pendapat profesional dari pemeriksa terhadap penyajian laporan keuangan,” ucapnya.

Baca Juga :  Percepat Vaksinasi, Anies Ajak Warga Daftar Vaksinasi Secara Daring

Sementara itu, Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengatakan gagalnya Pemprov meraih opini WTP dari BPK secara berturut -turut menjadi catatan penting yang musti dibenahi secepatnya.

”Pemeriksaan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, ada Pemerintah laporan keuangan dan juga pemeriksaan terhadap kinerja,” katanya usia Rapat Paripurna LHP Keuangan 2020 di Gedung DPRD Sulsel.

Andi Sudirman mengatakan pihaknya akan fokus tangani catatan yang berikan BPK agar lebih memperbaiki laporan keuangan tahun selanjutnya. Apalagi, sejak diberi kepercayaan sebagai Plt Gubernur Sulsel.

Baca Juga :  Ditlantas Polda Metro Dirikan 5 Posko PPKM di Zona Merah

“Tugas saya memperbaiki kedepan untuk melakukan akselerasi dalam perbaikan – perbaikan Perbendaharaan dan kinerja kedepan. Buat tim work yang lebih baik,” ujarnya.

Diketahui, beberapa tahun terkahir sejak masa pemerintahan Gubernur Syahrul Yasin Limpo – Agus Arifin Nu’mang hingga masuk Prof Andalan Pemprov Sulsel telah meraih opini WTP sebanyak 10 kali secara beruntun, capaian itu terhenti di LHP Keuangan tahun 2020.

Andi Khaerul