Simak, Begini Arahan Kapolda Jateng dan Pangdam untuk Tekan Kasus Covid-19 di Kudus

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi dan Bupati Kudus HM Hartopo.

BERITA.NEWS, Kudus – Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi meminta Bupati Kudus dan Forkopimda untuk lebih memperketat pengawasan protokol kesehatan, dengan cara membentuk kompi siaga, guna menekan kasus Covid-19 di daerah tersebut.

Hal itu ditegaskan Kapolda saat memberi pengarahan kepada Forkopimda Kudus terkait lonjakan serta penanganan kasus covid-19 di Aula Parama Satwika Polres Kudus, Jawa Tengah, Kamis (27/5/2021).

Kapolda mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus sangat memprihatinkan, karena menduduki peringkat pertama di Jawa Tengah, bahkan saat ini menjadi isu nasional.

“Perketat pengawasan protokol kesehatan di masyarakat. Kita harus tegas dalam menyikapi ini, bentuk kompi siaga yang terdiri dari TNI/Polri, Pol PP, dan unsur lainnya. Mohon ditindaklanjuti sampai dengan tingkat Muspika,” tegas Kapolda.

Baca Juga :  Koramil Mranggen Bagi-bagi Masker di Jalan dan Sosialisasi Prokes

Menurut Kapolda, PPKM Mikro harus benar-benar dimanfaatkan sebagai basis deteksi dini. Pihaknya juga menginginkan pengawasan dan perhatian bagi warga yang isolasi mandiri.

“Optimalkan PPKM Mikro sebagai basis deteksi dini, babinsa/babinkamtibmas juga harus turut melakukan pengawasan kepada warga yang melakukan isolasi mandiri agar tidak seenaknya keluyuran saat menjalani isolasi,” tegasnya.

Sementara itu Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Rudianto menekankan agar TNI/Polri selalu aktif menyampaikan edukasi kepada masyarakat bahwa Covid-19 itu nyata.

“Saya juga berharap unsur TNI/Polri, melalui babinsa/babinkamtibmas untuk aktif mengedukasi masyarakat melalui selebaran tentang imbauan dan data mengenai kasus covid-19 saat ini,” ujarnya.

Selalu mensosialisasikan tentang pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat. Mulai dari wajib memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga mengurangi mobilitas.

Baca Juga :  Terjadi Lonjakan Kasus Covid, Plt Gubernur Sulsel Ingatkan Disiplin Prokes dan Jaga Imun

Pangdam juga mengingatkan terkait kewaspadaan terhadap wisata religi.

Menurutnya, langkah yang dilakukan Pemkab telah tepat dalam memberlakukan pembatasan wisata religi.

“Waspadai aktivitas wisata religi, langkah yang dilakukan Pemkab sudah baik namun perlu diperketat lagi. Harus tegas, tidak ada kompromi tentang penutupan wisata religi selama dua minggu ke depan,” tegasnya.

Menanggapi arahan dari Kapolda Jateng dan Pangdam IV/Diponegoro, Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan, pihaknya akan segera menindaklanjuti arahan tersebut.

“Terkait perintah dan arahan akan kami tindak lanjuti segera mungkin,” ujar bupati.

  • Yon