Timnas Indonesia Ditekuk Afghanistan 2-3

Pemain tim nasional Indonesia Egy Maulana Vikri (kanan) menggiring bola di sisi Firza Andika dalam latihan skuad Garuda di Dubai, Uni Emirat Arab, Rabu (19/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Uni Emirat Arab yaitu melawan Thailand pada 3 Juni 2021, lalu Vietnam pada 7 Juni 2021 dan Uni Emirat Arab pada 11 Juni 2021. (ANTARA/HO/PSSI)

BERITA.NEWS, Jakarta – Sempat tertinggal 0-3 terlebih dahulu, timnas Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan timnas Afghanistan dengan skor 2-3 dalam laga uji coba internasional pertamanya di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong, di Dubai, UEA, Selasa malam (25/5/2021).

Menurunkan starter yang diisi banyak pemain muda, pasukan garuda langsung tertinggal 0-1 saat laga baru berjalan 7 menit.

Seperti dilaporkan PSSI melalui twitter akun resmi induk organisasi sepak bola Indonesia itu, setelah teringgal, Rahmat Irianto dkk. mencoba mencari gol balasan.

Beberapa peluang pun tercipta, salah satunya di menit ke-13 melalui tandukan Rafli hasil umpan Yakob Sayuri , tetapi masih bisa digagalkan penjaga gawang Afghanistan.

Menit 18, penetrasi Witan Sulaeman dari sisi kiri masih mampu dihentikan pemain belakang lawan.

Menit 19 Witan dilanggar pemain belakang Afghanistan di dekat kotak penalti dan Timnas Indonesia pun memperoleh hadiah tendangan bebas yang diambil Witan. Tetapi tendangan Witan masih membentur pagar betis lawan.

Baca Juga :  Euro 2020: Finlandia Berharap Ciptakan Kejutan Lawan Belgia

Menurunkan duet Rachmat Irianto dan Andy Setyo di jantung pertahanan, lini belakang skuad Garuda terlihat masih rapuh sehingga kembali harus kebobolan sesaat sebelum turun minum, tepatnya di menit 44. Babak pertama pun berakhir dengan skor 0-2 untuk keunggulan Afghanistan.

Di babak kedua, perubahan pemain dilakukan Shin Tae-yong. Arsitek asal Korea Selatan itu mengganti enam pemainnya sekaligus saat turun minum, antara lain dengan memasukkan Eggy Maulana Fikri.

Namun, di awal babak kedua, Indonesia harus kebobolan untuk ketiga kalinya yang membuat Afghanistan semakin menjauh dengan keunggulan 0-3.

Selepas itu, perubahan yang dilakukan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mulai terlihat.

Egy Maulana Vikri, yang menempati posisi Braif Fatari, berhasil memperkecil kedudukan. Golnya pada menit ke-64 memanfaatkan umpan Kushedya Yudo mengubah skor menjadi 1-3.

Baca Juga :  Euro 2020: Hasil Laga Grup B dan C Membuat Swiss Dinyatakan ke 16 Besar

Lima menit berselang, Timnas Indonesia kembali menjebol gawang Afghanistan. Kali ini melalui aksi Adam Alis setelah menerima umpan tendangan bebas dari Egy Maulana Vikri.

Dua gol tersebut, membuat para pemain timnas semakin bersemangat untuk mencetak gol lagi. Namun, gol tersebut tak kunjung tiba hingga peluit panjang dibunyikan. Indonesia pun menyerah 2-3

Berikut susunan starter pemain timnas Indonesia vs Afghanistan:

Kiper: Adi Satryo
Belakang: Firza Andika, Rachmat Irianto, Andy Setyo, Rifad Marasabessy
Tengah: Osvaldo Haay, Ady Setiawan, Yakob Sayuri, Witan Sulaeman
Depan: Saddam Gaffar, M. Rafli.

  • ANTARA