Penambang Pasir di Sungai Jeneberang Akan Dibuatkan Jalur Khusus

Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman ingin membuat jalur khusus truk penambang pasir atau galian C yang beroperasi di sepanjang aliran Sungai Jeneberang Kabupaten Gowa.

Andi Sudirman mengatakan rencana itu dimaksudkan agar ada pemisahan jalur antara mobil truk penambang pasir dan para wisatawan atau masyarakat yang ingin berlibur ke Malino.

“Kita mau rapikan itu, kita mau ada jalan tambang khusus ada jalan wisata, kadang-kadang kan pergi ke Malino kan di belakangnya truk-truk kan, jadi kita mau buatkan akses di bawah supaya enak jalannya, dan terlihat lebih rapi,” jelasnya, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga :  Disdik Sulsel: 4 Hari PPDB Jalur Zonasi Lancar, Server Down Sudah Diatasi

Selama ini akses kendaraan penambang dan wisata ke Malino melewati jalur yang sama. Kerusakan sebagian jalan yang terjadi dinilai adanya aktivitas mobil truk tiap hari melintas dengan muatan besar.

“Iya kita mau buatkan akses di bawah, jadi kalau ada aksesnya di bawah itu kan bagus, tidak perlu lagi naik ke atas,” ujarnya.

Hanya saja, pihaknya masih akan melakukan kajian bersama dengan dinas yang terkait serta pihak Balai untuk perencanaan pembangunan jalan tersebut.

Baca Juga :  Sulsel Tertinggi 6 se-Indonesia, 9.372 Peserta Lulus PTN Jalur SNMPTN 2021

“Ini masih dikaji dulu, kaji kelayakannya, kemudian kita berbicara anggaran, baru kita lihat berapa lama kita kerjakan terus kita eksekusi. Pelan-pelan ini bertahap, kita masih meninjau dulu,” paparnya.

“Harapannya kedepan ketika akses, kalau truk itu kan berisiko apalagi truk yang besar, kalau sudah dipisah enak,” tambahnya.

  • Andi Khaerul