Rakor dengan Presiden, Bupati Luwu Minta Masyarakat Tetap Jalankan Prokes

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang mengikuti rakor secara virtual tersebut di ruang kerjanya, kompleks perkantoran Bupati Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa, Senin (17/5/2021). Rakor ini dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

BERITA.NEWS, Luwu – Pascaliburan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan libur Hari Kenaikan Isa Al Masih, Presiden Joko Widodo langsung mengumpulkan seluruh Kepala Daerah se-Indonesia dalam Rapat Koordinasi (Rakor).

Presiden memberikan arahan secara virtual yang dihadiri pula oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan sejumlah menteri kabinet, Senin (17/5/2021).

Bupati Luwu Dr H Basmin Mattayang mengikuti rakor secara virtual tersebut di ruang kerjanya, kompleks perkantoran Bupati Luwu, Kelurahan Senga, Kecamatan Belopa.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, Bupati menjelaskan beberapa hal yang menjadi arahan Presiden.

“Dalam arahan Bapak Presiden Joko Widodo, seluruh kepala daerah diharapkan untuk tetap waspada dan terus berupaya melakukan tindakan-tindakan preventif terhadap pencegahan penyebaran Covid-19, karena berpotensi terjadi lonjakan kenaikan jumlah kasus baru Covid-19 pascalibur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah,” jelas H Basmin Mattayang.

Baca Juga :  Lepas Atlet PTMSI Luwu Berlaga di Kejurprov, Erny Maramba Siapkan Bonus Bagi Peraih Juara

Meski pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan larangan mudik, namun berdasarkan data yang dipaparkan oleh Presiden Jokowi, terdapat 1,5 juta orang yang melakukan mudik terhitung sejak tanggal 6-17 Mei 2021.

“Meski Kabupaten Luwu saat ini mengalami tren penurunan kasus positif Covid-19, namun berdasarkan pemaparan Bapak Presiden, ada 15 provinsi yang harus tetap waspada karena masih mengalami tren kenaikan, salah satunya adalah Provinsi Sulawesi selatan,” lanjut Basmin Mattayang.

15 provinsi yang disebutkan oleh Presiden Joko Widodo mengalami tren kenaikan adalah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Jambi, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Maluku, Banten, NTB, Maluku Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan dan Gorontalo.

Baca Juga :  Hadiri Wisuda TK se-Kecamatan Ponrang Selatan, Ini Pesan Bunda PAUD Luwu Hayarna Basmin

Bupati pun meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam aktivitas keseharian.

“Untuk menjaga wilayah Kabupaten Luwu agar tetap terus menerus mengalami tren penurunan maka saya berharap mari kita menjaga kekompakan, bekerjasama semua elemen masyarakat, pemerintah daerah dan Forkopimda untuk bahu-membahu menjaga wilayah kita dari penyebaran Covid-19. Tetap menerapkan protokol kesehatan dalam menjalankan aktivitas keseharian kita dan senantiasa berdoa semoga musibah Covid-19 ini cepat musnah dari muka bumi agar kita dapat bebas beraktivitas dan meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucap Basmin.

  • Muh Asri