Cegah Klaster Covid-19, TNI-Polri Cek Obyek Wisata

Pihak Koramil dan Polsek Demak Kota melakukan patroli untuk mengecek obyek wisata. Pihak Pemkab Demak menutup sementara obyek wisata saat libur lebaran. ()

BERITA.NEWS, Demak – Aparat gabungan dari TNI-Polri melakukan patroli untuk mengecek sejumlah tempat wisata di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Hal ini menyikapi keputusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata Demak yang telah mengeluarkan surat edaran tentang penutupan destinasi wisata di wilayah Kabupaten Demak.

Dalam surat edaran Nomor: 556/329/2021 tanggal 6 Mei 2021 tentang Penutupan Destinasi Wisata di Kabupaten Demak guna mencegah terjadinya klaster baru Covid-19. Jika wisata dibuka, dikhawatirkan akan terjadi pengumpulan masyarakat.

Pihak Koramil 01 Demak dan Polsek Demak Kota melaksanakan kegiatan patroli gabungan dalam monitoring sejumlah obyek wisata di wilayah Kecamatan Demak Kota, Minggu (16/5/2021). Hal ini untuk mencegah jangan sampai ada obyek wisata yang buka.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Danramil 01 Demak Kapten Etok S bersama Kapolsek Demak Kota Iptu Tricipto Adi Purnomo, SH, MH dengan beberapa anggotanya.

Baca Juga :  Koramil Mranggen Bagi-bagi Masker di Jalan dan Sosialisasi Prokes

Wilayah Kecamatan Demak sendiri memiliki beberapa destinasi wisata religi yaitu Masjid Agung Demak dan Makam Sunan Kalijogo yang dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, ada juga beberapa kolam renang sebagai obyek rekreasi keluarga.

Dalam pengecekan itu, tampak obyek wisata religi tidak ada pengunjung. Sementara wisata keluarga kolam renang ada yang tutup, namun ada pula yang masih buka karena belum mengetahui adanya surat edaran dari Dinas Pariwisata.

Kepada pihak pengelola yang buka, Danramil bersama Kapolsek melakukan edukasi dan meminta peraturan dari Dinas Pariwisata tersebut dilaksanakan. Akhirnya, pihak pengelola kolam renang memahami dan melakukan penutupan kolam renang tersebut.

Baca Juga :  Didampingi Plt Gubernur Sulsel, Sandiaga dan Atta Halilintar Sambangi Wisata Alam Rammang-Rammang Maros

“Tujuan ditutupnya sementara destinasi rekreasi keluarga dalam hal ini kolam renang, untuk mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19 dan mengantisipasi kejadian bencana yang tidak diinginkan seperti yang terjadi di daerah lainnya. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk keselamatan masyarakat,” jelasnya.

Danramil juga mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam setiap aktivitas kesehariannya, seperti makai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Hal ini untuk mencegah penularan Covid-19.

  • Yon