Plt Gubernur Sulsel Instruksikan Bupati dan Walikota Cegah Kerumunan di Tempat Wisata

Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman (Dok)

BERITA.NEWS, Makassar – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mewanti-wanti para kepala daerah bupati dan walikota mengantisipasi terjadinya kerumunan di tempat wisata pasca lebaran Idul Fitri.

Kunjungan ke tempat wisata menjadi titik rawan terjadi kerumunan pasca lebaran, mengingat sudah menjadi kebiasaan masyarakat untuk memanfaatkan waktu libur usai lebaran Idul Fitri bersama keluarga.

Instruksi itu sejalan dengan Surat Edaran (SE) yang diteken Plt Gubernur Andi Sudirman Sulaiman terkait pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, termasuk di tempat wisata.

“Kami berharap para Bupati/Walikota beserta jajaran agar tetap memantau aktivitas di titik-titik kunjungan wisata di libur hari raya Idul Fitri 1442 H ini,” ujarnya, Kamis (13/5/2021).

Baca Juga :  Sulsel Tertinggi 6 se-Indonesia, 9.372 Peserta Lulus PTN Jalur SNMPTN 2021

Andi Sudirman menegaskan, pemerintah daerah agar mensiasati atau membatasi pengunjung maksimal 50% dari kapasitas lokasi di setiap tempat destinasi wisata tersebut.

“Kami mengimbau agar pengunjung tidak lebih dari setengah kapasitas biasanya atau hanya 50%,” ujarnya.

Selain itu, ia pun mengingatkan kepada para pengelola atau penanggung jawab destinasi wisata agar memastikan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, seperti menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan.

Baca Juga :  Disdik Sulsel: 4 Hari PPDB Jalur Zonasi Lancar, Server Down Sudah Diatasi

“Jika pengunjung mencapai kapasitas maksimal 50 %, diharapkan untuk menutup pintu masuk dan melakukan pengawasan penegakan protokol bagi pengunjung yang antre masuk atau menunggu giliran di pintu masuk. Sementara rekayasa pengalihan arus lalu lintas dengan sistem buka tutup menuju destinasi dapat diberlakukan dengan berkoordinasi instansi terkait,” pungkasnya.

  • Andi Khaerul