Lebaran Lebih Awal, Ratusan Jemaah An-Nadzir di Gowa Shalat Idulfitri Hari Ini

Ratusan Jamaah An-Nadzir Laksanakan Shalat Idul Fitri Hari Ini. (Istimewa).

BERITA.NEWS, Gowa–Ratusan jemaah An-Nadzir di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar Salat Id merayakan Idul Fitri 1442 Hijriah, hari ini, Rabu (12/5/2021).

Jemaah An Nadzir yang bermukim di pesisir danau Mawang, Kelurahan Romanglompoa, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan itu melaksanakan shalat Idulfitri 1442 Hijriah, dengan ratusan jamaah secara khusyuk melaksanakan shalat dan tetap memakai masker.

Pimpinan Jemaah An-Nadzir Samiruddin Pademmui usai melaksanakan shalat Idulfitri mengatakan, bagi jemaah An Nadzir ini menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah berdasar pada hasil hisab atau perhitungan bulan yang didukung pertanda alam.

“Dalam metode hisab yang kami pahami, bahwa bulan purnama berakhir pada hari ke-29 bulan terlihat tipis di timur pada Selasa (11/5/2021) pukul 06.00 WITA dan mendahului matahari, sehingga, hal ini pertanda berakhirnya bulan,” ujarnya

Baca Juga :  Arsyad, Anak Makassar yang Jadi Pembicara Pembuka Peluncuran Buku Korban UU ITE

Tak hanya itu, Samiruddin juga mengutarakan pengamatan lain yakni berdasar pada gelombang pasang surut air laut, terjadi puncak pasang pada pukul 13.00 Wita yang menegaskan bahwa 1 Syawal 1442 Hijriah telah jatuh.

“Adapun metode hisab yang kami pahami, bahwa mulai menghitung datangnya bulan purnama hari ke-12, 13, 14 dan seterusnya hari ke-27, 28 dan hari ke-29 bulan terlihat tipis pada pukul 06.00 Wita mendahului matahari yang merupakan pertanda pergantian bulan,” kata Samiruddin Pademui.

Baca Juga :  Orasi Ilmiah di Seminar IPKN, Kapolri: Sinergitas Polri-Auditor Kunci Cegah Korupsi

Adapun terkait shalat id di tengah pandemi Covid-19, Samiruddin mengaku pihaknya tetap mengimbau jemaah tetap memakai masker.(*)

Lebih jauh, Samiruddin juga menyampaikan selamat Idulfitri kepada semua masyarakat, baik yang melaksanakan lebaran hari ini maupun besok. “Kami mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin,” ujarnya.(*)

Penulis:Sup